Tasya Zahwa Diva kelas XII IPA 2 saat pengumpulan video untuk bahan mengikuti lomba OBI

Tasya Zahwa Diva kelas XII IPA 2 saat pengumpulan video untuk bahan mengikuti lomba OBI

Jembrana (Pendis)—Olimpiade Bahasa Indonesia (OBI) SMA/SMK/MA Tingkat Nasional 2022 merupakan olimpiade yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Bahasa Indonesia (Imabina) PBSI FKIP Universitas Jember. Agenda olimpiade tahunan ini memiliki tajuk “Semarak Generasi Muda melalui Realisasi Bahasa Indonesia guna Menembus Cakrawala Internasional”

Pada ajang yang digelar tahun ini, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana Bali kembali menorehkan prestasi pada ajang Olimpiade Bahasa Indonesia  (OBI) 2022 setelah sebelumnya di tahun 2019 berhasil sebagai Juara 1. Perwakilan MAN 1 Jembrana atas nama Tasya Zahwa Diva kelas XII IPA 2. Siswi multitalenta ini berhasil menyisihkan 889 peserta se-Indonesia. Tasya meraih juara 1 OBI 2022 setelah melalui beberapa tahapan secara daring.

Tahapan pertama dimulai dari babak penyisihan berupa tes kompetensi berbahasa Indonesia tanggal 28 Agustus 2022. Tasya berhasil menyisihkan delapan ratusan peserta olimpiade dan masuk ke babak final. Di babak final diambil 50 peserta, setiap peserta membuat video monolog dari salah satu naskah yang telah disiapkan oleh panitia.

Tahapan demi tahapan olimpiade dilalui Tasya dengan semangat dan penuh perjuangan. Hingga akhirnya Tasya berhasil melaju ke babak final dan diumumkan sebagai Juara 1 pada 10 September 2022.

Kepala MAN 1 Jembrana  H. Agus Subagya menyampaikan ucapan selamat kepada siswi dan para pembina yang telah berjuang pada ajang OBI tahun ini. Beliau juga menjelaskan bahwa prestasi ini sangat luar biasa bagi MAN 1 Jembrana. Harapannya, MAN 1 Jembrana mampu mempertahankan prestasi di segala bidang keilmuan.

"Alhamdulillah, selamat untuk siswiku Tasya Zahwa Diva dan Tim Puslitbas (Pusat Literasi dan Bahasa) khususnya Tim Bahasa Indonesia sebagai pembina atas capaiannya pada OBI tahun ini. Prestasi ini menambah deret kabar bahagia untuk keluarga besar MAN 1 Jembrana. Semoga dapat terus dipertahankan serta setiap peserta didik yang akan berkompetisi di berbagai bidang keilmuan diberi kemudahan oleh Allah, sehingga mampu meraih hasil terbaik," terang Agus penuh bangga.