Kepala MAN 2 Jakarta, Wido Prayoga, M.Pd.

Kepala MAN 2 Jakarta, Wido Prayoga, M.Pd.

Jakarta (Pendis) –-  Menuju era industri 4.0, madrasah sebagai basis pendidikan Islam terus bergerak mengikuti perkembangan teknologi. Untuk itu, Kantor Wilayah Kemeneterian Agama Provinsi DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada madrasah yang memiliki komitmen mengaplikasikan teknologi digital dalam proses pendidikan.

Bertempat di JS Luwansa Hotel & Convention Center, Rabu (4/01/2023)  sejumlah madrasah mulai dari jenjang RA, MI, MTs, dan MA turut menghadiri acara penganugerahan Jakarta Madrasah Digital Awards (JMDA).

Bekerja sama dengan Infra Digital Nusantara (IDN) penghargaan ini diberikan kepada madrasah terbaik di setiap jenjang. Untuk jenjang Madrasah Aliyah, kategori Madrasah Digital Terbaik berhasil diraih oleh MAN 2 Jakarta dengan hadiah berupa piagam penghargaan, laptop, dan uang pembinaan sebesar Rp 10.000.000,00.

Usai menerima penghargaan, Kepala MAN 2 Jakarta, Wido Prayoga, M.Pd. menyatakan bahwa prestasi ini merupakan keberhasilan seluruh civitas akademik MAN 2 Jakarta yang telah bekerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas untuk kemajuan madrasah.

“Prestasi ini bukanlah titik akhir, tetapi merupakan awal dari perjuangan kita semua untuk senantiasa melakukan terobosan, inovasi, dan kreasi dalam melakukan transformasi digital di setiap aspek pelayanan dan pembelajaran,” ujar Wido.

Seperti diketahui, madrasah digital adalah madrasah yang menyelenggarakan pengelolaan pendidikan menggunakan aplikasi digital. Madrasah tersebut menyelenggarakan TIK dalam bentuk mata pelajaran, muatan lokal, atau ekstrakurikuler dengan menerapkan strategi, sumber dan media pembelajaran sistem digital dalam penilaiannya.

Inilah yang telah dilakukan oleh MAN 2 Jakarta. Madrasah yang beralamat di Ciracas Jakarta Tmur ini menggunakan perangkat digital bukan sebagai tujuan,  namun sebagai alat bantu penunjang efektifitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran.

Selain itu juga didukung oleh  startegi,  tata kelola, manajemen,  sarana prasaraan, biaya dan sumber daya yang dikelola dengan  baik. Selamat dan sukses, MAN 2 Jakarta!