Rombongan MAN 2 Kota Bima foto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Aidy Furqon.

Rombongan MAN 2 Kota Bima foto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Aidy Furqon.

Bima (Pendis) -- Sebanyak tiga siswa dan satu guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima lolos seleksi sebagai delegasi pada ajang delegasi International Youth Exchange and Conference (IYEC) Chapter Turkey 2023 yang rencananya akan dilaksanakan di Kota Istanbul pada 12–20 Mei 2023 mendatang.

Siswa MAN 2 Kota Bima yang lolos yaitu; Alif Hidayat, Dinul Rahman dan Milady sedangkan untuk guru pembina yang lolos yaitu Wilastri Hurun’in.

Peserta yang mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada ajang tersebut ada 6 orang yang terdiri dari 3 siswa dan 1 guru pembina MAN 2 Kota Bima serta 2 orang siswa lainnya dari MAN 2 Kota Mataram.

“Delegasi MAN 2 Kota Bima ada empat orang yang lolos seleksi, tiga siswa dan satu guru pembina. Mereka akan menghadiri kegiatan IYEC yang akan diselenggarakan di Turki pada awal Mei 2023 mendatang,” terang Muslihah saat menemui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB Zamroni Aziz di ruang kerjanya, Senin (27/02/2023).

Delegasi MAN 2 Kota Bima juga menemui Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah. Rombongan ditemani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Aidy Furqon di ruang kerja Wakil Gubernur NTB pada Selasa (28/02/2023).

Tim MAN 2 Kota Bima ini, lanjut Muslihah, lolos seleksi melalui project yang ditawarkan.  Alif Hidayat dengan project SALING atau Sadar Lingkungan yang tertuang dalam SDGs poin 15 yakni Life on Land. Kemudian Dinul Rahman dengan project Penghijauan di Pedesaan yang tertuang dalam SDGs poin 13 yakni Climate Action. Sedangkan Milady Rahmania dengan project Penyelamatan Ekosistem Laut Dari Bahaya Sampah Sekaligus Pemanfaatan Sampah Menjadi Barang Bernilai Ekonomis yang tertuang dalam SDGs poin 14 yakni Life Below Water dan poin 17 yakni Partnership for The Goals.

Sementara guru pembina atas nama Wilastri Hurun’in dengan project bidang Pendidikan yang tertuang dalam SDGs poin 4 yakni Quality Education
 
“Tahapan seleksi dilaksanakan secara online, mulai dari seleksi administrasi, pembuatan video project hingga wawancara,” ungkap Muslihah.

Program International Youth Exchange and Conference (IYEC) diselenggarakan oleh Indonesian Youth Action (IYA). Program IYEC Tahun 2023 memasuki chapter ketiga dengan negara tujuan Turki. Tema Program IYEC Chapter Turkey Tahun 2023 ialah Contribution Youth for SDGs (17 Point of Sustainable Development Goals).

Adapun kegiatannya terdiri atas Conference, Visit Embassy, Campus Visit, Student Forum Discussion, dan Cross Cultural Exploration
 
“Peserta akan membahas secara resmi berbagai program seperti; sosial, pendidikan, kesehatan dan kekerasan pada remaja. Materi tersebut akan dipresentasikan di hadapan peserta delegasi dari berbagai negara lainnya. Delegasi juga akan mengunjungi berbagai universitas yang ada di Kota Istanbul, Kedubes RI di Turki serta berbagai situs sejarah dan budaya di Turki.” (Tim Humas MAN 2 Kota Bima)