Kepala MAN 3 Kulon Progo H. Syaefulani, S.Ag., M.Pd. saat menerima piala dan penghargaan, Jum'at (25/8/2023)

Kepala MAN 3 Kulon Progo H. Syaefulani, S.Ag., M.Pd. saat menerima piala dan penghargaan, Jum'at (25/8/2023)

Kulon Progo (Pendis) -- Setelah melewati verifikasi administrasi dan lapangan, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kulon Progo meraih peringkat 2 sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi DIY Tingkat SMA/SMK/MA. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Kabid. Penataan, Pengkajian, dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY, Ruruh Haryanto. Penghargaan diterima  Kepala MAN 3 Kulon Progo, Syaefulani.

“DLHK memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Tim Adiwiyata DIY, siswa, guru, orangtua siswa, DLHK Kabupaten, dan lembaga lain yang mendukung terlaksananya kegiatan peduli lingkungan di sekolah,” kata Ruruh menyampaikan sambutan Kepala DLHK DIY, Jum’at (25/8/2023) di Kantor setempat.

Menurutnya, lewat penghargaan tersebut diharapkan bisa terwujud karakter peduli, serta meningkatkan kualitas dan kesadaran lingkungan. Sekolah Adiwiyata selain sebagai tempat pendidikan formal juga sebagai wadah penanaman nilai-nilai konservasi, pengelolaan lingkungan, keberlanjutan, dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

“Di Sekolah Adiwiyata tidak sekedar mengenalkan konsep perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup kepada generasi muda tetapi juga mengajak siswa untuk menjadi pelaku nyata dalam menjaga lingkungan, melalui pengintegrasian prinsip-prinsip peduli lingkungan ke dalam kurikulum,” jelas Ruruh.

Cita-cita Sekolah Adiwiyata adalah mencetak generasi peduli lingkungan yang memiliki pikiran terbuka siap menghadapi tantangan global. Selain MAN 3 Kulon Progo, hadir juga perwakilan dari sekolah-sekolah penerima penghargaan.

Kepala MAN 3 Kulon Progo, Syaefulani berupaya mengintegrasikan sikap peduli lingkungan dalam perilaku. “Sebagai satu di antara Sekolah Adiwiyata di Yogyakarta kami selalu berupaya mengintegrasikan sikap peduli terhadap lingkungan dalam perilaku sehari-hari baik di dalam maupun luar Madrasah,” katanya. (Ipul)