MAN 4 Bantul meraih penghargaan Madrasah Hebat 2022

MAN 4 Bantul meraih penghargaan Madrasah Hebat 2022

Bantul (Pendis) – MAN 4 Bantul Yogyakarta terpilih sebagai madrasah terbaik di wilayah  kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah yang akrab disebut Manembayo ini menyisihkan puluhan madrasah lainnya dalam lomba yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Bantul dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-76 tahun 2022. 

Kepala MAN 4 Bantul, Singgih Sampurno menerima penghargaan sebagai juara I madrasah hebat dari Kepala Kankemenag Bantul Aidi Johansyah dalam upacara HAB Kemenag di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul pada Rabu (03/01/2022).

Kontes madrasah hebat ini berlangsung sejak Desember 2021 dengan dua tahapan yaitu pengiriman portofolio dan verifikasi berkas. Dari seleksi yang dilakukan dewan juri, muncul madrasah-madrasah dengan ranjing teratas. Selain MAN 4 Bantul ada MAN 1 Bantul, dan MAN 3 Bantul.

Terdapat sembilan aspek penialaian yaitu prestasi, publikasi, upaya peningkatan kompetensi ASN, tertib adminsitrasi, arsip, dan pelaporan, inovasi peningkatan kinerja, hasil survei kepuasan masyarakat, pemberlakukan dan penyempurnaan SOP, pemberlakuan reward and punishment dan pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintah.

Selama tahun 2021 MAN 4 Bantul telah menorehkan 39 prestasi, 13 di antaranya di bidang penelitian siswa tingkat internasional. Publikasi kegiatannya telah mecapai 1.000 berita di media cetak dan online. 

Inovasi di bidang lanyanan dan kegiatan peningkatan SDM guru dan tenaga kependidikan juga sudah banyak dilakukan. “Kami bersyukur telah meraih juara 1 lomba madrasah hebat yang di adakan oleh Kantor Kementerian Agama Bantul. Semoga prestasi ini menjadi pelecut kami untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi,” tandas Kepala Sekolah, Singgih Sampurno. (Uun/Manembayo)