Siswa MAN 1 Jembrana yang lolos ke OSN tingkat nasional

Siswa MAN 1 Jembrana yang lolos ke OSN tingkat nasional

Jembrana (Pendis) - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN)1 Jembraan Provinsi Bali berhasil lolos pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2022. Hal ini berdasarkan data dari pengumuman laman resmi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang diakses hari ini, Sabtu (10/09/2022).

Adalah Mochammad Annas Firmansyah siswa MAN 1 Jembrana berhasil mewakili Provinsi Bali pada bidang mata pelajaran Biologi. Rencananya OSN tingkat nasional akan digelar pada bulan Oktober mendatang.

Sebagaimana diketahui, bahwa ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) ini telah berlangsung secara daring atau online pada tanggal 23 hingga 26 Agustus 2022 kemarin.

Kepala MAN 1 Jembrana, H. Agus Subagya menyampaikan rasa bangga kepada seluruh siswa-siswi dan pembina yang telah berjuang pada ajang OSN-Propinsi (OSN-P) tahun ini. Agus juga menjelaskan bahwa prestasi ini sangat penting bagi MAN 1 Jembrana. Harapannya, MAN 1 Jembrana mampu mempertahankan prestasi ini dan berhasil meraih penghargaan di tingkat nasional.
 
"Selamat kepada anak-anakku serta bapak dan ibu pembina atas capaiannya pada OSN-P tahun ini. Setiap tahun MAN 1 Jembrana konsisten mengantarkan peserta didiknya untuk berkompetisi di OSN tingkat nasional. Prestasi ini menjadi sangat penting bagi MAN 1 Jembrana, karena kita dapat mengklasterisasi posisi MAN 1 Jembrana sebagai salah satu instansi pendidikan di Jembrana," kata guru kelahiran Yogyakarta ini, di Bali, Sabtu (10/09/2022) 

Lebih lanjut, Kamad MAN 1 Jembraan menyatakan, bahwa prestasi seperti ini harus dapat dan terus dipertahankan. Terlebih, dia berharap peserta didik yang akan berkompetisi di tingkat nasional diberi kemudahan oleh Allah, "Sehingga mampu meraih hasil terbaik di tingkat nasional," kata Agus penuh bangga.

Sebagaimana untuk diketahui, bahwa siswa MAN 1 Jembrana merupakan anggota Klub Olimpiade dan Prestasi untuk MAN 1 Jembrana (Kampiun) yang menjadi satu-satunya wakil madrasah dari Kabupaten Jembrana yang lolos pada OSN Nasional.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum yang juga merupakan Koordinator Program Pengembangan Prestasi Siswa dan Kompetensi Lulusan MAN 1 Jembrana (Prestisius Mansaja), Istamar menyampaikan bahwa Tim Kampiun merupakan bagian dari program Prestisius Mansaja. 

Istamar mengungkapkan bahwa dalam menghadapi OSN-P, seluruh peserta didik yang tergabung dalam Tim Kampiun diberikan program pembinaan intensif baik internal maupun eksternal. Sebab, lanjutnya lagi, hal tersebut sebagai komitmen bersama civitas akademika MAN 1 Jembrana untuk terus memberikan yang terbaik bagi madrasah.
 
"Tim Kampiun merupakan salah satu program besar yang termuat dalam Prestisius Mansaja. Menghadapi pelaksanaan OSN-P, seluruh civitas akademika berusaha memaksimalkan potensi dengan pembinaan intensif. Dalam usaha mencapai prestasi terbaik, seluruh civitas akademika MAN 1 Jembrana akan terus berikhtiar memberikan yang terbaik untuk Mansaja (MAN 1 Jembrana-red)," pungkasnya.