Mantapkan Keberagamaan Dengan Lomba Cerita Remaja Islam

Mantapkan Keberagamaan Dengan Lomba Cerita Remaja Islam

Jakarta (Pendis) - Peningkatan pengetahuan, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari para peserta didik khususnya pelajar/siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus senantiasa ditingkatkan. "Salah satu cara memantapkan kembali keberagamaan serta mewujudkan religius culture di sekolah adalah dengan lomba cerita remaja Islam untuk kalangan siswa SMA/SMK," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Sesditjen Pendis), Moh. Isom Yusqi, atas respon positif Lomba Cerita Remaja Islam (Ceris) untuk siswa SMA/SMK tingkat nasional tahun 2017 ini, Selasa (07/11).

Di samping menggali potensi, minat dan bakat siswa dalam dunia tulis menulis Islami, ungkap Isom yang pernah menjadi anak didik PAI di SMP Islam al Ma`arif Malang-Jawa Timur ini, lomba ceris 2017 juga memotivasi para siswa untuk berprestasi serta menumbuhkan mental bersaing yang positif dikalangan siswa siswa sekolah dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini. "Sesuai dengan PMA Nomor 16 tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada sekolah bertujuan membangun sikap mental kompetitif, kooperatif, ikhlas, tanggung jawab, toleran, jujur, amanah, disiplin, bekerja keras, mandiri dan percaya diri," kata Sesditjen Pendis.

Ketentuan lomba Ceris 2017 ini, menurut data yang dihimpun redaksi, diantaranya sebagai berikut; panjang tulisan 60 (enam puluh) halaman, ditulis dalam kertas HVS A4 1,5 spasi, font Times New Roman 12, margin 3-2-2-2. Untuk tema penulisan cerita Islam adalah "Memantapkan Keberagamaan". Karya dikirim ke "Sub Direktorat PAI SMA, Direktorat PAI Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta Pusat 10710" paling lambat 27 November 2017. Disamping hard copy/print out, karya/naskah lomba KIR juga dikirim soft file-nya ke kompetisipai@gmail.com.

Lomba yang tidak dipungut biaya alias gratis ini, bagi para pemenangnya akan mendapatkan hadiah. Juara I mendapatkan uang tunai 17,5juta, Juara II : 15,5juta dan Juara III sebesar 13,5juta. Sedangkan untuk Juara Harapan, Harapan I senilai : 11,5juta, Juara Harapan II 9,5juta, dan Juara Harapan III sebesar 7,5juta. (@viva_tnu/dod)


Tags: