Mau Fasih Berbahasa Inggris, Ini Kuncinya

Mau Fasih Berbahasa Inggris, Ini Kuncinya

JAKARTA (KRjogja.com) - Salah satu kemampuan yang dapat mendukung kita dalam persaingan global adalah berbahasa Inggris. Namun, banyak yang kesulitan mempelajari bahasa universal ini. Padahal, kuncinya sangat mudah.

Dra Ratna Diah dari Center for Language and Culture Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menjelaskan, kunci utama agar dapat fasih berbahasa Inggris adalah menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari.

"Yang paling penting adalah banyak praktik secara langsung dan lebih percaya diri, kalian akan menguasai pronounciation dan kosa kata,"kata Ratna, seperti dinukil dari laman ITS, Kamis (19/2/2015).

Menurut Ratna, guna meningkatkan kemampuan speaking dalam bahasa Inggris, kita tidak perlu terpaku pada pelajaran grammar. Meski demikian, pemahaman grammar ini mungkin dibutuhkan ketika akan menghadapi ujian.

Hal lain yang perlu dipelajari adalah frase karena sifatnya yang sering ambigu dalam sebuah percakapan sehari-hari. "Jangan mengartikan kata dalam bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris," imbuhnya.

Pembelajar bahasa Inggris juga harus memperbanyak kosa kata. Caranya, kata Ratna, dengan menemukan kata baru dalam artikel dan mencari artinya dengan bantuan kamus. Khusus tentang kosa kata, Ratna juga mengingatkan pentingnya penguasaan similaritas dan klasifikasi kata seperti noun, verb, adjective dan adverb.

Tips berikutnya adalah menonton film. Aktivitas yang menyenangkan ini dapat membantu kita mengetahui kosa kata baru serta bagaimana cara penggunaan dan pengucapannya. Alternatifnya adalah membaca berita, mendengarkan musik dan berbicara kepada diri sendiri dalam bahasa Inggris.

Terakhir, tenggelamkan diri dengan berbahasa Inggris dalam segala aktivitas hingga berlatih debat dengan topik tertentu yang sedang menjadi isu nasional maupun internasional. Menurut Ratna, kita akan semakin fasih berbicara dalam bahasa Inggris jika semakin terbiasa berkomunikasi dalam bahasa tersebut.

"Teruslah berlatih dan jangan takut salah," ujarnya. (*)


Tags: