Mau Kuliah di Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Babel? Ini Profil Lulusannya!

Mau Kuliah di Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Babel? Ini Profil Lulusannya!

Bangka (Pendis)--Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Babel mulai berdiri dan menerima mahasiswa sejak 2019. Hingga saat ini, Prodi Psikologi Islam menjadi salah satu primadona atau program studi favorit. Bagi kamu yang tertarik untuk masuk program studi ini, mari disimakan profil lulusannya!

Asisten Psikolog

Asisten psikolog membantu tugas Psikolog dalam bidang psikologi terapan meliputi administrasi dan skoring tes, asesmen awal, dan intervensi non klinis. Di prodi Psikologi Islam, mahasiswa akan diajarkan mengenai dasar psikodiagnostik, asesmen psikologi, intervensi psikologi non klinis, konseling, kode etik dll. Pada beberapa kesempatan, mahasiswa prodi Psikologi Islam juga diajak berpraktik menjadi asisten psikolog dalam pelaksanaan administrasi tes (asesmen tes), observasi dan wawancara, juga melaksanakan berbagai macam pelatihan.

Asisten Peneliti Psikologi

Lulusan prodi Psikologi Islam diharapkan mampu melaksanakan penelitiandi bidang Psikologi dengan bahan kajian keilmuan Psikologi, maupun Psikologi terapan termasuk Psikologi Islam. Mahasiswa dibekali beberapa mata kuliah yang relevan seperti Metodologi Penelitian Kuantiatif, Metodologi Penelitian Kualitatif, Psikologi Eksperimen, Statistika, Observasi dan Wawancara, dll. Mahasiswa prodi Psikologi Islam juga diharapkan mampu memberikan hasil penelitian di bidang psikologi, minimal dalam bentuk skripsi. Beberapa mahasiwa Psikologi Islam juga mendapat bimbingan untuk mengikuti lomba penelitian dan konferensi baik ditingkat nasional dan internasional.

Konselor

Sebagai konselor, lulusan prodi Psikologi Islam diharapkan mampu melakukan observasi dan wawancara konseling baik secara individu dan kelompok dengan menggunakan pendekatan islami. Untuk itu, mahasiswa dibekali berbagai macam mata kuliah yang berkaitan, seperti Psikologi Konseling, Psikologi Islam, Psikologi Perkembangan, Metode Observasi dan Wawancara, Psikologi Kepribadian, dll.

Fasilitator Pengembangan Komunitas

Para lulusan prodi Psikologi Islam diharapkan dapat merancang intervensi-intervensi dasar untuk kesejahteraan individu atau kelompok dalam sebuah komunitas. Selama kuliah, mahasiswa dibekali dengan materi intervensi psikologi non-klinis, psikologi perkembangan, psikologi sosial, psikologi lintas budaya dan agama, dll.

Fasilitator dan Motivator Pengembangan Sumber Daya Manusia

Mahasiswa prodi Psikologi Islam diberikan pengetahuan dan keterampilan menyusun desain pelatihan untuk pengembangan SDM terutama di area industri dan organisasi. Setelah lulus, lulusan Prodi Psikologi Islam diharapkan dapat merancang, memfasilitasi, dan mengarahkan pengembangan individu atau kelompok. Mahasiswa diberikan materi kuliah seperti Psikologi Industri dan Organisasi, Asessment Center, Desain Pelatihan, dll.

Konsultan Manajer di Bidang SDM

Mahasiswa prodi Psikologi Islam dibekali kemampuan dalam pengembangan bidang pendidikan, industri organisasi, dan bidang sosial. Lulusan prodi Psikologi Islam diharapkan mampu melaukan proses rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan konseling kerja untuk pengembangan SDM.

Pengajar

Lulusan prodi Psikologi Islam yang tertarik di bidang pendidikan juga dapat menjadi pendekatan dengan berfokus pada pendekatan psikologis dari jenjang PAUD hingga jenjang SMA. Mahasiswa dibekali dengan materi Psikologi Pendidikan, Psikologi Kognitif, Psikologi Anak Usia Dini, Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, dll.

Pelaku Usaha Mandiri

Selain bekerja di pemerintahan dan swasta, lulusan Psikologi Islam juga mampu menjadi wirausaha dengan merancang, mendirikan, melaksanakan, dan mengembangan usaha berdasarkan ilmu psikologi industri dan organisasi, serta dengan mengaitkan dengan nilai-nilai keislaman.


Tags: # iain