Menag Resmikan Rumah Moderasi di Kampus UIN Walisongo

Menag Resmikan Rumah Moderasi di Kampus UIN Walisongo

Semarang (Pendis) - Menteri Agama Fachrul Razi resmikan rumah moderasi di Kampus UIN Walisongo Semarang Jawa Tengah. Menurut Menag, ada tiga hal dalam moderasi, yang pertama adalah tujuan, kedua strategi dan yang ketiga adalah dampaknya.  

Dalam pernyataanya, Fachrul Razi mengapresiasi tingkat kerukunan di Jawa Tengah yang tergolong tinggi. Ia berharap, nama besar wali sembilan  yang menjadi inspirasi nama kampus UIN Walisongo menjadi semangat untuk lebih baik.

 "Luar biasa di Jawa Tengah ini kebetulan mencapai angka 74,8 sekian persen, semoga dengan adanya moderasi umat beragama agar menjadi lebih baik lagi. Saya senang UIN Walisongo telah melangkah sangat jauh. Nama besar Walisongo harus dipikul bersama demi menjaga nama baik”, Tukas Menag Kamis (19/12) di Semarang kemarin . 

Selain meremiskan Rumah Moderasi, Menag juga melaunching smart and green campus Walisongo Semarang. Dalam acara tersebut, ia berharap umat beragama di Indonesia tetap kompak, karena dengan kekompakan bangsa dapat terbangun dengan baik dan tidak terjadi perpecahan.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UIN Walisongo Semarang Imam Taufiq menegaskan ulang bahwa tujuan menjadikan UIN Walisongo sebagai rumah moderasi memang terinspirasi dari nama besar Walisongo yang telah menyebarkan ajaran Islam yang ramah di Indonesia.

Rektor menegaskan bahwa UIN Walisongo terlahir dari nama besar “Walisongo”.  UIN Walisongo berharap dapat mengikuti semangat Walisongo dalam berdakwah damai dengan mengolaborasikan antara ajaran Islam dan kearifan lokal. Saat ini kami berkonsentrasi untuk melahirkan para alumni yang dapat memberi kontribusi bagi kemanusiaan dan peradaban. 

“Keragaman beragama adalah wujud keramahan Allah. Toleransi perdamaian saling menyayangi menjadi sesuatu yg harus diwujudkan. Hal inilah yang menjadikan UIN Walisongo membangun rumah moderasi”, jelas alumni MAPK Jember ini.

Sementara itu, lanjut Rektor, untuk mendukung suasana kampus yang nyaman, UIN walisongo memproklamirkan diri menjadi smart and green campus, dengan pendekatan “triple bottom line”, yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan. Dengan pendekatan ini diharapkan mampu meningkatkan keuntungan secara optimal dengan memperhatikan kelestarian lingkungan dan mampu mensejahterakan masyarakat sekitar. (Solla/Solla)

 


Tags: