Abdullah Faqih, Kasubdit Pengembangan Akademik

Abdullah Faqih, Kasubdit Pengembangan Akademik

Bandung (Pendis) - Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) berkomitmen meningkatkan peringkat akreditasi lembaga pendidikan tinggi dibawah lingkungan Kementerian Agama.

Saat ini akreditasi program studi merupakan indikator masyarakat dalam memberikan kepercayaan sebuah perguruan tinggi dalam memilih suatu Lembaga Pendidikan yang diminati.

Salah satu komponen akreditasi yang menjadi perhatian adalah serapan lulusan dari PTKI. Kasubdit Pengembangan Akademik, Abdullah Faqih menceritakan bagaimana lulusan PTKI yang dipertanyakan.

“Saat rapat dengan Bappenas, mereka men-challenge mutu lulusan dari PTKI. Ini menjadi tantangan yang harus di jawab kemana karier pekerjaan para lulusan PTKI.” Ucap pria yang akrab di sapa Mas Faqih ini.

Terkait proses akreditasi yang cukup rumit, Abdullah Faqih memotivasi para peserta workshop akselerasi akreditasi yang digelar di Bandung, 2-4 Maret 2023 ini untuk tetap semangat.

“Kita jangan memakai jalan pintas dalam menghadapi akreditasi, biarlah proses akreditasi ini berjalan natural agar dapat diperbaiki jika ada kekurangan dan ada apresiasi saat ada kelebihan.” Lanjut Faqih.

Selain itu, Kasubdit Pengembangan Akademik lulusan Birmingham University ini berpesan agar mutu akreditasi menjadi sebuah budaya.

“Quality behaviour agar terus-menerus menjadi habit bagi para pengelola program studi.” Tutup Faqih.


Tags: # PTKINKeren