Meriah, 544 Peserta Ikuti Perkasisma lll DIY Tahun 2023

Meriah, 544 Peserta Ikuti Perkasisma lll DIY Tahun 2023

Kulon Progo (Humas Kemenag DIY)—Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Dr. Masmin Afif memukul kentongan tandai pembukaan Perkemahan Siswa Madrasah (Perkasisma) III DIY Tahun 2023, Senin (22/5/2023) sore. Ajang ini digelar di Bumi Perkemahan Memorial Camp, Sentolo, Kulon Progo hingga Rabu (24/5/2023).

Dihadapan 544 peserta, Kakanwil ingatkan untuk terus belajar tanpa henti. “Carilah ilmu setinggi-tingginya, sebab sebagaimana janji Allah SWT, orang yang beriman dan memiliki ilmu akan ditinggikan beberapa derajat," ungkap Kakanwil.

Menurutnya, yang tidak kalah pentingnya adalah menerangi hati dengan jalan menjauhi maksiat. "Sebab ilmu adalah nur (cahaya), ia tidak akan masuk ke dalam hati yang pekat, kotor, penuh debu akibat perilaku yang keluar dari koridor syariat agama," pesan Kakanwil.

Selain mencari ilmu setinggi-tingginya dan menjauhi maksiat, tambahnya, juga selalu hormati dan takdzim kepada orang tua dan para guru. "Ketakdziman inilah yang akan membuat ilmu menjadi barokah, bermanfaat dalam episode kehidupan yang akan datang," pungkas Kakanwil.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Perkasisma III yang juga Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Abd. Suud menjelaskan ajang ini diikuti 43 MA se-DIY. "Rinciannya diikuti 35 Sangga Putra dan 32 Sangga Putri," jelas Suud seraya menyebut tema yang diusung Perkasisma “Mewujudkan Generasi yang Mandiri, Moderat dan Berprestasi”.

Ditambahkan, pada ajang ini digelar 10 lomba yakni membuat penjot, video reels, komunikasi lapangan, bivak, masak rimba, pionering, pertolongan pertama, kaligrafi, poster dan pentas seni. 

Hadir pada seremoni Pembukaan, Kepala Kankemenag Kulon Progo Muhamad Wahib Jamil, jajaran JFT dan pelaksana Bidang Penmad, Kasi Penmad Kankemenag Kabupaten/Kota, dan sejumlah kepala madrasah. Kemeriahan Perkasisma semakin terlihat saat penampilan Tarian Nusantara Harmoni dari MAN 2 Kulon Progo yang menampilkan koreografi lagu daerah yakni Sue Ora Jamu, Bungong Jeumpa, Kicir-kicir, Paris Barantai, Si Patokaan, Janger, Yamko Rambe Yamko, dan Rasa Sayange.


Tags: # madrasah