Mesin Batik Otomatis Karya Anak Madrasah Ikuti Kompetisi Robot di Korea Selatan

Mesin Batik Otomatis Karya Anak Madrasah Ikuti Kompetisi Robot di Korea Selatan

Jakarta (Pendis) - Tim Robotic Club siswa madrasah mulai hari ini mengikuti ajang International Youth Robotic Competition (IYRC) yang berlangsung pada 11-14 Agustus 2016 di Daejon Korea Selatan. Mereka ini adalah para siswa Madrasah Pembangunan UIN Jakarta, "Mohon tambahan barokah doa saudara, sahabat, dan handai-taulan untuk kelancaran perjalanan dan keberhasilan putra-putri kami," kata Himmatul Laily Waisnaini, ibunda salah satu peserta.

Di Korea Selatan, tim robotic ini mengusung tema `Mesin Batik Otomatis`. Artinya, anak-anak madrasah ini akan memamerkan kebolehan mesin robot yang mampu membuat batik secara otomatis. Secara kerja, mesin ini bekerja setelah kain selesai di cap batik. "selanjutnya kain diangkut untuk dikeringkan, lalu disusun ketempat yang telah disediakan." Ujar Laily.

Laily sendiri mengaku ikut mendampingi kedua putra dan putrinya ke Korea Selatan yakni Syahrozad Zalfa Nadia (Ocha/10) dan Avicenna Roghid Putra Sidik (Ave/6). Sedangkan tim senior robot lainnya yang mengkuti ajang ini ialah Azka Hafizh (15) dan Andi Faiz Naufal (15) yang duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Sebagaimana diketahui, kedua kakak beradik Ocha dan Ave ini beberapa kali telah mengikuti berbagai ajang kompetisi robot. Bulan lalu misalnya, mereka menjadi juara umum ke-2 dalam ajang robotic yang diselenggarakan di Malaysia.

(Sholla Taufiq/ra)


Tags: