Meski Terapkan KTSP, SMP Ini Justru Gunakan Buku K-13

Meski Terapkan KTSP, SMP Ini Justru Gunakan Buku K-13

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Meski menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006, beberapa sekolah memanfaatkan buku kurikulum 2013 sebagai bahan ajar.

Seperti yang dilakukan di lingkungan SMPN 18 Menteng Jakarta Pusat. "Kami tidak mendiamkan buku Kurikulum 2013 itu, tetapi memanfaatkan buku itu sebagai bahan pembelajaran guru maupun siswa," ujar Wakil Kepala SMPN 18 Umar Panuju, Senin (9/3).

Mengingat, lanjut ia, terdapat beberapa materi yang ada di KTSP di bahas lebih jauh dalam buku K-13 itu. Oleh karena itu, sekolah memanfaatkannya untuk bahan referensi dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

Ia menyebutkan, salah satu contohnya pada mata pelajaran Matematika kelas VIII. Terdapat materi tentang Linear yang dibahas rinci juga dalam buku K-13 yang diberikan oleh pemerintah. Sehingga, membantu guru maupun murid-murid untuk mempelajarinya.

Lagi pula, buku-buku K-13 yang telah diberikan itu juga memberikan tambahan manfaat kepada guru. Para guru dapat menggali lebih ilmu dan metode belajar K-13 yang akan digunakan di masa mendatang.

"Belajar untuk mulai beradaptasi dengan kurikulum 2013 ke depannya. Agar guru dan murid tidak merasa kaget apabila tahun depan K-13 diterapkan," lanjutnya.

Sekolah yang berlokasi di Jalan Menteng Kecil Nomor 3, Kebon Sirih, Kecamatan Menteng ini mendapatkan buku-buku K-13 di budang Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Prakarya dan Seni Budaya, Pendidikan Kewarganegaaran dan Kesehatan Jasmani Rohani (Olahraga).

Umar menyebutkan, sekitar 90 persen dari guru yang ada mengajar di sekolahnya telah mendapatkan pelatihan K-13 yang sebelumnya.

"Jadi, kami siap untuk menyambut K-13 ke depannya. Tentunya, dengan didukung regulasi atau payung hukum dari pemerintah,"jelasnya.


Tags: