Minggu Pertama PPG Daring, 90% Mahasiswa Lancar Mengoperasikan LMS

Minggu Pertama PPG Daring, 90% Mahasiswa Lancar Mengoperasikan LMS

Jakarta (Pendis) - Sampai hari Jumat dinihari, tim PPG Daring Direktorat PAI mencermati pergerakan keaktifan mahasiswa dan para dosen dalam mengoperasikan Learning Management System (LMS) Daring PPG Pendidikan Agama Islam. "Nyaris tidak ada problem substansial yang dihadapi para user, baik dosen maupun mahasiswa" kata Anis Masykhur, salah satu tim pengembang LMS tersebut. "Keluhan user hanya kisaran display, sehingga developer dalam merevisinya tidak mengganggu proses utama pembelajaran daring," jelasnya lebih lanjut.

Nurul Huda yang turut memcermati arus keaktifan user menyatakan, "Dalam kisaran 90% mahasiswa sudah aktif dan responsif terhadap sistem yang disediakan. Kami optimis, loncatan quantum kompetensi mahasiswa dalam menyongsong era industri 4.0 dapat terwujud." jelas kasubdit PAI yang juga leader PPG PAI ini.

Hasil monitoring atas masa waktu online dosen pengampu modul di minggu pertama sudah di atas 10 jam. "Kami mendapati dosen di salah satu LPTK, akumulasi di hari keempat mencapai 37 jam. Ini menunjukkan signal positif bahwa para dosen komitmen dengan tugas mendampingi kelompok bimbingannya," papar Anis Masykhur menceritakan.

Lalu bagaimana dengan peserta PPG yang hingga kini belum ON? Nurul menyatakan bahwa pada dasarnya, peserta yang tidak aktif dalam pembelajaran PPG Daring terancam tidak lulus. PPG model blended learning adalah model yang wajib dilaksanakan. "Kami akan meneliti dulu penyebabnya, baru kemudian dikomunikasikan dengan dosen yang bersangkutan lalu diakomodasi secara sistem," jelasnya lebih lanjut. "Kami akan menunggu keaktifan mahasiswa di minggu kedua. Jika tidak mengalami pergerakan, akan diambil tindakan yang lebih ekstrem," ujarnya dengan tegas. Sebagaimana diketahui bahwa pelaksanaan PPG tahun ini, sebagian besar prosesnya dilakukan secara elektronik. Kebijakan tidak memberikan toleransi model lain, seperti 100% tatap muka atau PPG berasrama. Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa yang semuanya adalah guru tidak mengganggu kegiatan belajar mengajarnya di lembaga tempat mengabdinya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa PPG Daring untuk Guru PAI sudah dimulai secara serentak pada Senin, 17 Juni 2019 kemarin. Modul kedua akan dimulai pada hari Ahad, 23 - 28 Juni 2019.
(n15/ra)


Tags: