MMTC Gelar Lomba Esai Memperebutkan Trophy Gubernur DIY

MMTC Gelar Lomba Esai Memperebutkan Trophy Gubernur DIY

SLEMAN (KRjogja.com) - Untuk menggali bakat menulis pelajar SMA/sederajat di Daerah Istimewa Yogyakarta, Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta akan menggelar Lomba Menulis Esai“Inspirasi Hari Pendidikan”, yang akan dimulai pada 15 Mei 2013. Event yang menjadi salah satu rangkaian Dies Natalis ke-28 Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta ini rencananya akan memperebutkan hadiah trophy Gubernur DIY dan uang pembinanaan dari Bank BPD DIY sebesar 1 juta rupiah untuk juara pertama, trophy Bupati Sleman dan tabungan Bank BPD DIY sebesar 750 ribu rupiah untuk juara kedua, dan trophy Ketua MMTC dan tabungan Bank BPD DIY sebesar 500 ribu untuk juara ketiga, serta hadiah dari para sponsor.

Ketua Pelaksana Lomba Esai, Sartana, mengatakan, seluruh pelajar SMA/SMK Sederajat se-DIY memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti lomba ini. Calon peserta yang akan mengikuti lomba ini diberi tenggat waktu selama 1 bulan (15 Mei s/d 15 Juni 2013) untuk mengumpulkan karya tulis dengan memilih salah satu dari 3 sub tema yang ditentukan. "Tema yang diangkat yaitu Mewujudkan Masyarakat Informasi Melalui Peningkatan Peran Multi Media di Bidang Pendidikan," ujarnya, Senin (13/05/2013) di kampus MMTC.

Sedangkan untuk sub tema menurutnya meliputi; Peran Aplikasi Multi Media untuk Meningkatkan Kreatifitas Pelajar, Pentingnya Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam proses Pembelajaran, dan Mendorong Budaya Informasi di kalangan Pelajar Untuk Meningkatan Daya Saing Terhadap Kualitas Pendidikan.

Setiap karya yang akan dilombakan, lanjut Sartana, dikirimkan dalam bentuk narasi atau esai ke sekretariat Lomba di Kampus MMTC Jalan Magelang KM 6 Yogyakarta atau melalui email dalam bentuk PDF ke lombaesai.mmtc@gmail.com, dengan panjang tulisan antara 2 sampai dengan 4 halaman A4, jenis huruf Times New Roman dengan spasi 1,5 , batas kiri 4 cm, atas 4 cm, kanan 3 cm, dan bawah 3 cm, serta melampirkan biodata singkat penulis, nomor telepon penulis, nomor telepon sekolah, serta fotocopy kartu pelajar. “Ketentuan lainnya yaitu naskah tidak mengandung SARA atau pornografi, dan belum pernah dilombakan atau sedang diikutkan lomba, serta belum pernah dipublikasikan oleh media massa,” jelasnya.

Karya tulis akan ditunggu panitia sampai dengan 15 Juni 2013 pukul 17.00 WIB, dan pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 15 Juli 2013 di website www.mmtc.ac.id dan jejaring sosial lomba esai MMTC. Sedangkan penyerahan hadiahnya akan dilaksanakan saat upacara Dies Natalis ke 28 MMTC pada 31 Juli 2013. “Kriteria penilaiannya berdasarkan orisinalitas, kedalaman materi pembahasan, kesesuaian isi dengan tema, kreatifitas, dan eksplorasi gagasan, serta cara penyajian dan gaya bahasa yang komunikatif, ” sambungnya. (Den)


Tags: