Monev, Pembinaan Pengelolaan Simpatika dan TPG 2023 di MAN 1 dan MTsN 3 Tuban

Monev, Pembinaan Pengelolaan Simpatika dan TPG 2023 di MAN 1 dan MTsN 3 Tuban

Kab.Tuban(Pendis)--Kementerian Agama Kabupaten Tuban yang digawangi oleh Seksi Pendidikan Madrasah menggelar acara Monev, Pembinaan Pengelolaan Simpatika dan TPG (Tunjangan Profesi Guru) di MAN 1 dan MTsN 3 Tuban, Selasa (1/8/2023).

Dalam arahannya Kepala Kemenag Tuban, Ahmad Munir menyampaikan esensi melakukan monev simpatika (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependikan) dan administrasi guru sertifikasi. "Simpatika tidak bisa tiba-tiba terwujud, data masing-masing guru harus lengkap," ujarnya.

Operator simpatika bisa bekerja dengan baik kalau data guru lengkap dan tercukupi. "Guru harus selalu melengkapi data masing-masing untuk di aplud oleh operator simpatika," imbuhnya.

Menurutnya, saat ini  guru tidak hanya diwajibkan mengajar dengan baik tapi juga harus melengkapi administrasi lembaga.
"Tugas pokok guru adalah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan melakukan evaluasi," tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut pria asal Kota Ledre ini juga mengapresiasi karena perolehan siswa yang meningkat di kedua lembaga tersebut. "Perolehan siswa yang meningkat ini tanda mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Umi Kulsum 
menyampaikan terimakasih atas terlaksananya PPDB yang hasilnya luar biasa karena melebihi target. "Rata-rata naik 10-15 persen," tukasnya.

Ia berharap agar MAN 1 dan MTsN 3 Tuban lebih meningkatan prestasinya "MAN 1 dan MTsN 3 Tuban harus selalu meningkatkan inovasi agar prestasi siswa-siswa dalam segala bidang lomba semakin baik lagi," ujarnya.

Kepala MAN 1 Tuban Hudan Mabruri menjelaskan keadaan guru dan siswa. "Alhamdulillah tahun ini kami memperoleh peserta didik 1.046 dan tahun ini kami membuka jurusan prodistik yang diawasi langsung oleh ITS," jelasnya. Walaupun baru beberapa waktu lalu menjadi Kepala MAN 1 Tuban, Hudan banyak memberikan warna dan inovasi.

Sementara itu Subiyanto, Kepala MTsN 3 Tuban saat ini 
memperoleh kenaikan siswa hampir 3 kali lipat. "Kelas 7 sejumlah 118 siswa, kelas 8 sejumlah 44 siswa dan kelas 9 sejumlah 48 siswa sehingga total 210 siswa. (Lai)