KSM Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2022

KSM Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2022

Gorontalo (Pendis)--Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan ajang membangun budaya kompetisi dengan mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Kegiatan ini digelar Kementerian Agama dari tingkat Satuan Pendidikan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional dari jenjang SD/MI, MTs/SMP, dan MA/SMA/SMK. Saat ini KSM memasuki tahap seleksi tingkat Provinsi, untuk Provinsi Gorontalo dipusatkan di MTsN 1 Kota Gorontalo (10/09/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Syafrudin Baderung, didampingi Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah se-Provinsi Gorontalo.

Kepala MTsN 1 Kota Gorontalo, Karjianto merasa bangga dan senang serta berharap ini menjadi penyemangat dan menginspirasi para siswa di MTsN 1 Gorontalo untuk berprestasi.

“Saya merasa bangga, senang dan bersyukur ditunjuk menjadi tuan rumah, semoga bisa memberikan pelayanan yang terbaik” Ujar Kepala MTsN 1 Kota Gorontalo.

Karjianto menyampaikan sebagai tuan rumah sudah berusaha mempersiapkan dengan baik semua fasilitas yang dibutuhkan pada penyelenggaraan KSM tingkat provinsi.

“Kami sudah siapkan ruang yang digunakan untuk kompetisi ini yang merupakan ruang IT. Kami juga setiap tahun menganggarkan pembelian komputer dengan spek 10 tahun ke depan untuk mendukung ruang IT dan Riset yang bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” tambah Karjianto.

Pada kesempatan tersebut, Subkoordintaor Kurikulum dan Evaluasi Bidang Pendidikan Madrasah kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, Masjrul Janto Usman berharap KSM berjalan dengan lancar, sukses dan sesuai yang diharapkan.

“Semoga berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan peserta-peserta terbaik yang akan mewakili provinsi Gorontalo pada KSM tingkat Nasional,” tutur Masjrul.

Salah satu peserta, Nayla Safira Ismail dari MTs Al-Khairat Gorontalo Utara yang merupakan juara 1 IPA tingkat kabupaten menyatakan ia sudah mempersiapkan diri belajar didampingi guru pembimbing untuk mengikuti KSM tingkat Provinsi dan berharap nanti bisa mewakili KSM tingkat Nasional.

“Saya berharap bisa juara dan nanti mewakili provinsi Goorontalo pada KSM tingkat Nasional yang akan digelar di Jakarta”, kata Nayla.

KSM tingkat Provinsi Gorontalo diikuti oleh 198 peserta terdiri dari 6 kabupaten/Kota yaitu Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Bone Bolango, dan Kabupaten Pohuwato. Masing-masing Kabupaten/Kota mengirimkan 33 delegasi.

Adapun mapel yang lombakan ajang KSM ini untuk jenjang MA/SMA adalah Biologi terintegrasi, Ekonomi terintegrasi, Fisika terintegrasi, Geografi terintegrasi, Kimia terintegrasi, dan Matematika terintegrasi. Sedangkan jenjang MTs/SMP adalah Matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, dan IPS terpadu terintegrasi. Dan jenjang MI/SD adalah Matematika terintegrasi dan IPA teringrasi.