Bibi Rizqina dan Kepala MTs Negeri 1 Pati foto bersama dihalaman madrasah

Bibi Rizqina dan Kepala MTs Negeri 1 Pati foto bersama dihalaman madrasah

Pati (Pendis)– Bibit Rizqiana, siswa MTsN 1 Pati peraih 142 medali kembali mencetak prestasi sebagai juara 1 tingkat nasional mata pelajaran IPS dalam ajang Pythagoras Science Competition jenjang SMP/MTs Sederajat pada 10 September 2022. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Pythagoras Institute ini diikuti oleh 709 peserta yang berasal dari berbagai provinsi. 

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan senang sekali bisa dapat juara lagi,” ucap Bibit. Siswa yang tercatat sebagai peringkat kedua pemeroleh medali terbanyak di MTsN 1 Pati ini menceritakan bahwa ia termotivasi mengikuti perlombaan agar dapat mengasah kemampuan terutama pada mata pelajaran IPS. “Motivasi saya mengikuti lomba-lomba adalah agar bisa mengasah kemampuan saya dalam berbagai mata pelajaran, terutama IPS,” jelas Bibit.

Keberhasilannya dalam mencetak ratusan  ini berkat adanya dorongan dari orangtua dan guru pembimbing serta pihak MTsN 1 Pati. Bibit mengatakan dengan dukungan tersebut, dirinya semangat dalam mengikuti berbagai lomba. “Berkat dorongan orangtua, guru pembimbing, dan MTsN 1 Pati saya menjadi semangat mengikuti lomba sehingga berhasil memperoleh ratusan medali,” katanya.
 
Sementara sang ibu, Nanik Malikatun, mengucap syukur dan bangga atas prestasi yang diraih oleh anaknya. “Alhamdulillah, kami sangat senang dan bangga atas prestasi yang diraih Ananda Bibit selama ini,” ucapnya dengan penuh syukur. Nanik menyebutkan, dukungan dan motivasi selalu ia berikan kepada Bibit agar semangat belajar. Ia pun mengungkapkan jika semangat berkompetisi adalah keinginan sang anak sendiri tanpa ada paksaan dari pihak orangtua.
 
Pada kesempatan ini pula, Nanik mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak MTsN 1 Pati. “Untuk Bapak Ibu guru MTsN 1 Pati, terima kasih yang sebesar-besarnya karena selalu setia dan sabar mendampingi  putra-putri kami dalam menuntut ilmu. Semoga MTsN 1 Pati menjadi madrasah yang bisa menghasilkan anak-anak yang cerdas, kreatif, bertaqwa, dan berilmu, serta berakhlaqul karimah,” ungkapnya.
 
Tommy Andriansyah, guru mata pelajaran IPS sekaligus Koordinator Program Unggulan Madrasah menyebutkan bahwa kegiatan lomba di MTsN 1 Pati merupakan kegiatan istiqomah yang bertujuan untuk menjaring talenta siswa, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Selain itu, juga sebagai sarana untuk menjembatani siswa dalam meraih prestasi.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan, untuk meraih prestasi yang lebih baik tentu tidak instan, artinya membutuhkan proses panjang. Trial dan error pun sering mereka alami, tetapi dengan ikhtiar yang kuat membuahkan hasil manis. “Alhamdulillah, kami temukan siswa-siswa yang memiliki mental juang tinggi dalam mengikuti perlombaan. Semoga akan terus bermunculan mutiara-mutiara di MTsN 1 Pati,” harap Tommy.

Senada dengan Tommy, Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak juga berharap agar ke depan MTsN 1 Pati dapat melahirkan bibit-bibit unggul lainnya sehingga dapat memancarkan sinar keemasan MTsN 1 Pati yang berkarakter, unggul, mendunia, dan kerren.
 
“Selamat untuk Ananda Bibit atas prestasi istiqomahnya. Semakin hari, semakin nampak bibit unggulnya. Walaupun level lombanya dinaikkan, tetapi Ananda masih mampu bertahan di peringkat teratas,” pungkas Syafak.(TiM)