Kepala MAN 1 Grobogan Suprapto, memotong tumpeng sebagai tanda milad ke-45 dan diserahkan kepada Kepala Kankemenag Kab. Grobogan Fahrur Rozi (Sabtu, 4

Kepala MAN 1 Grobogan Suprapto, memotong tumpeng sebagai tanda milad ke-45 dan diserahkan kepada Kepala Kankemenag Kab. Grobogan Fahrur Rozi (Sabtu, 4

Grobogan (Pendis)--Tahun 2023 ini Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Grobogan memasuki usia ke-45 tahun sejak didirikan, tepatnya tanggal 16 Maret 2023. Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor : 17 Tahun 1978 tanggal 16 Maret 1978. Untuk itu, Madrasah Aliyah Negeri pertama yang ada di Kabupaten Grobogan ini menggelar gebyar milad ke-45 untuk merayakan hari kelahirannya.

Perayaan milad MAN 1 Grobogan diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 3 s.d. 4 Maret 2023. Milad yang ke- 45 ini mengambil tema "Mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi Menuju Madrasah MANJUR dan Mendunia".

Moh. Basori, selaku ketua panitia kegiatan menjelaskan bahwa perayaan milad tahun ini akan diisi dengan beberapa acara dari madrasah. Di antaranya adalah lomba membuat cerpen dan menggambar poster dengan tema anti narkoba, pentas seni, jalan sehat, Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar  Rahmatan lil Alamin (PPRA), serta penampilan band dari madrasah.

"Untuk persiapannya kita rapat terlebih dahulu, koordinasi meskipun jangka waktunya pendek. Harapannya nanti kita ke depan  pelaksanaan milad ke-46 lebih meriah dan lebih semarak dari tahun ini" harap Basori.

Dalam sambutannya, Suprapto, Kepala MAN 1 Grobogan mengungkapkan bahwa perayaan milad tahun ini kami ingin menggali potensi kreativitas siswa dan jiwa entrepreneur dari siswa-siswi MAN 1 Grobogan dengan kegiatan pentas seni, lomba poster, lomba cerpen, dan Gelar Karya P5 dan PPRA.

“Usia 45 tahun merupakan usia yang sudah tidak muda lagi, bahkan bisa dikatakan tua, itu berarti MAN 1 Grobogan telah banyak melahirkan alumni berakhlakul karimah yang berguna bagi bangsa dan negara. Semoga ke depannya ada keterlibatan alumni pada acara-acara penting madrasah seperti milad, karena kontribusi para alumni sangat kita butuhkan untuk memajukan madrasah.” Harap Suprapto (3/3).

Tidak bisa dipungkiri, semua elemen madrasah baik guru, pegawai tata usaha, maupun siswa madrasah sangat menikmati pentas seni dalam perayaan milad tahun ini.

“Jujur, ini (pentas seni) di luar ekspektasi saya. Anak-anak mengejutkan saya dengan bakat-bakat yang mereka miliki yang tidak saya duga sebelumnya. MAN 1 Grobogan perlu mengadakan acara-acara seperti ini untuk mengetahui potensi dan bakat dari siswa-siswinya. Selain itu, saya melihat banyak wajah ceria menikmati kegiatan seperti ini.” Tutur Fahmi guru Bahasa Indonesia.

"Bangga sih bisa mewakili kelas untuk tampil pensi di acara milad MAN tahun ini. Ditambah untuk para MC yang seru dan lucu dalam membawakan acara" ucap Gissa Intan Nuraini (XI MIPA 5) yang langsung diiyakan Mita Dyah Nur Laila (XI MIPA 5).

"Rasanya sedikit tremor saat tampil, bagaimana cara melawannya itu susah banget, ingin tampil yang maksimal,ya senang sih bisa membawa nama kelas." tambah Mita

Puncak perayaan Milad MAN 1 Grobogan ke-45 adalah Sabtu, 4 Maret 2023. Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. Grobogan, Fahrur Rozi, Kasubag TU Kankemenag Kab. Grobogan Hadi Purwanto, Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab. Grobogan, Agpit Mujiyantari, Pengawas Madrasah, Margono, Kepala MAN 1 Grobogan Periode 2015-2018 dan periode 2018, Suhamto dan Zulaikah, serta jajaran pengurus komite madrasah.

Di awali jalan sehat, siswa-siswi madrasah, bapak ibu guru, pegawai tata usaha dan tamu undangan sangat antusias, bergembira menikmati momen ini. Mereka berjalan rapi dan terartur sesuai arahan panitia dan pihak keamanan dari polisi dan TNI.

Fahrur Rozi, Kepala Kankemenag Kab. Grobogan dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam perayaan milad ini, semoga MAN 1 Grobogan mampu mewujudkan apa yang memang menjadi tagline madrasah, yaitu MANJUR. Mandiri, Akuntabilitas, Nasionalis, Jujur, Unggul, Ramah.

“Kalian harus bangga bersekolah di MAN 1 Grobogan, karena di antara Madrasah Aliyah Negeri di kabupaten-kabupaten sekitar, madrasah kalian termasuk yang paling tua, oleh karena itu madrasah kalian sudah berpengalaman melahirkan alumni-alumni yang berkualitas.” pesan fahrur kepada siswa-siswi MAN 1 Grobogan.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman doorprize yang sangat ditunggu anak-anak. Sesekali diselingi penampilan dari Band madrasah dan beberapa penampilan dari beberapa pensi membuat anak-anak sangat menikmati suguhan acara ini.

"Jalan sehat milad man tahun ini seru banget, saya sangat menikmatinya dari rangkaian acara, stand-stand bazar tidak mengecewakan sih. Saya pengen dapat doorprize sepeda biar bisa sepedaan di sekitar rumah" seru Tazkiya Arih Nur Fadhila (X IPS 1)

Acara ditutup dengan pengumuman juara lomba pentas seni oleh panitia. Berikut pemenang lomba pensi yang diraih oleh kelas X MIPA 2 ( juara 1), XI IPS 1 (juara 2), XI MIPA 6 (juara 3), XI MIPA 2 (harapan 1), XI MIPA 5 (harapan 2), dan X MIPA 6 (harapan 3). (Mulyo)