PAI Sebagai Fondasi Pembentukan Karakter Anak Usia Dini

PAI Sebagai Fondasi Pembentukan Karakter Anak Usia Dini

Surakarta (Pendis) - Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional Pendis (Hardiknas), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Subdit PAI pada PAUD/TK Direktorat Pendidikan Agama Islam (Dit. PAI) kembali menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kurikulum PAI pada PAUD/TK.

Seperti disampaikan oleh Kasubdit PAI pada PAUD/TK, Victoria Elisna Hanah, kegiatan yang telah berjalan hingga angkatan ke-4 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sejenis, yang masih akan berlanjut. "Dit. PAI terus berupaya meningkatkan mutu PAI, melalui program-program kurikulum dan peningkatan kompetensi guru pendidikan agama Islam (GPAI)," ujar Victoria.

Lanjutnya, Hardiknas mesti dijadikan sebagai momentum bagi GPAI untuk menguatkan peran dan kesadarannya untuk menunaikan amanah undang-undang tentang pendidikan nasional. Kegiatan diikuti oleh 60 (enam puluh) GPAI perwakilan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Turut mengundang Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, Muslim Umar, dan Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Provinsi Jawa Tengah, Syaifuddin Zuhri.

Syafiuddin menuturkan, pendidikan anak usia dini adalah saat yang paling utama untuk membentuk karakter peserta didik. Karakter akan tertanam kuat dengan pembelajaran PAI yang serba menyenangkan sebagai ciri khasnya. Di samping itu, ia mengingatkan, karakter dibentuk oleh nilai agama dan budaya. Keduanya adalah bagian dari pembelajaran PAI, fondasi untuk menciptakan suasana religius, damai, dan toleran, yang dapat mendorong pertumbuhan anak didik sebaik-baiknya ke arah tujuan pendidikan nasional.

Ia berharap, selepas mengikuti kegiatan tersebut peserta dapat meningkatkan peran mereka dalam masyarakat agar senantiasa menjaganya nilai agama dan nilai budaya di lingkungan sekolahnya masing-masing. Kegiatan ditutup secara resmi pada Kamis (04/05). (Andi Masitah/dod)


Tags: