Pemaparan Oleh Peserta kepada Dekan, Wakil Dekan dan Dosen FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Pemaparan Oleh Peserta kepada Dekan, Wakil Dekan dan Dosen FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Batusangkar (Pendis) - Program Studi Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Mahmud Yunus Batusangkar menggelar Science Exhibition yang bekerjasama dengan Prodi Tadris Biologi dan Ahwal-Syakhshiyyah.

Kegiatan ini menampilkan hasil karya mahasiswa dari empat mata kuliah, yakni Elektronika Dasar, Fisika Dasar, Proyek Sains, dan Ilmu Alamiah Dasar, yang diasuh oleh Prof. Dr. Marjoni Imamora, dan Frans Rizal Agustiyantom M.Sc.

Pameran ini berlangsung bulan awal Desember tahun  2023, di pelataran Gedung K Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dari jam 08.00-12.00 WIB.

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Prof. Marjoni Imamora, Dekan FTIK Prof. Suswati Hendriani, Wakil Dekan FTIK Dr. Muhammad Yusuf Salam, Kabag FTIK Afrizal, M.E, Kaprodi Tadris Fisika Artha Nesa, M.Pd, Dosen, dan Mahasiswa turut hadir dan meramaikan dalam kegiatan ini.

Prof. Marjoni mengapresiasi atas terlaksana kegiatan Science Exhibition tahun 2023, yang digagas langsung oleh mahasiswanya, ini merupakan yang pertama disemester ini, saya menyambut baik kegiatan kolaborasi ini, kegiatan yang sangat luar biasa, yang mana bisa dilihat langsung oleh mahasiwa lainnya.

Lebih lanjut Prof. Bidang Fisika ini menekankan pentingnya memperkenalkan hasil-hasil yang sudah di pelajari dan menampilkan beragam produk karya mahasiswa selama mengikuti perkuliahan.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti Science Exhibition mengatakan, ada beberapa produk yang dipamerkan meliputi Alat Pengukur Tingkat Stress, Alat Perangkap Hama, Sensor Pengukur Kadar Gula Darah, Baterai Jerami Padi, Alat Filter Asap, Alat Pendeteksi Jarak untuk Tunanetra, Dispenser Otomatis, Alarm Keamanan, Alat Pengukur Saturasi Oksigen, dan berbagai inovasi lainnya.

Sementara itu Dekan FTIK Prof. Suswati Hendriani, apresiasi tinggi terhadap keberhasilan acara ini dan berharap dapat memotivasi mahasiswa untuk terus berinovasi.

Kegiatan hari ini dapat terlaksana berkat dukungan dari semua dosen, mahasiswa dan pimpinan fakultas, kedepan kegiatan ini akan menjadi program rutin yang akan dilaksanakan setiap tahunnya dengan melibatkan mahasiswa dan dosen. “tutup Prof. Suswati”(doni)