Peduli Kendala PJJ, XL Axiata Bantu Kuota Internet Madrasah DIY

Peduli Kendala PJJ, XL Axiata Bantu Kuota Internet Madrasah DIY

Yogyakarta (Pendis) - PPT XL Axiata Tbk Area Yogyakarta siap membantu pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi ini. Sebanyak 92.623 paket kuoata akan menyasar pada siswa madrasah mulai jenjang Raudhatul Athfal (RA) hingga Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 84.793 siswa, tenaga kependidikan mdrasah, pengawas, dan pegawai madrasah 2.085 orang, guru madrasah dan lembaga madrasah masing-masing 5.113 dan 611 paket kuota.

Head of Sales Area Yogyakarta XL Axiata, Yudith Sabrina, menjelaskan pemberian kuota internet ini untuk mendukung PJJ yang dilakukan madrasah DIY. “Awalnya nanti kami akan memberikan 30 GB dengan rincian 15 GB untuk aplikasi video conference dan sisanya untuk aplikasi pendidikan,” ungkapnya saat Peduli Donasi XL/Axis di Ruang Rapat I Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Senin (28/09/2020).

Menurut Yudith, mulai Oktober hingga Desember 2020 Pemerintah juga akan membantu kuota internet siswa masing-masing 35 GB per bulan. “Bersamaan dengan itu kami juga akan memberikan lagi bantuan kuota sebanyak 55 GB, tanpa syarat apapun,” kata Yudith. 

Kakanwil Kemenag DIY, Edhi Gunawan, memberikan apresiasi tinggi kepada XL Axiata yang telah ikut peduli mendukung PJJ madrasah di DIY. “Tentu ini sangat bermanfaat bagi siswa, guru dan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan madrasah DIY, dan semoga menjadi amal jariyah bagi XL Axiata,” tandas Kakanwil. 

Kakanwil juga menyebut jika masa pandemi ini tidak pernah diduga oleh siapapun akan terjadi. “Dunia pendidikan merasakan sulitnya dalam belajar, namun PJJ tetap menjadi alternatif utama karena yang menjadi pertimbangannya adalah keselamatan jiwa,” jelas Kakanwil.

Hal itu, imbuh Edhi, sejalan dengan kebijakan Gubernur bahwa di DIY hingga saat ini masih ditetapkan sebagai Masa Tanggap Darurat Covid-19. “Jika tatap muka dipaksakan, nanti yang dikhawatirkan muncul klaster baru,” imbuhnya. Dalam kesempatan ini pula Kakanwil mengingatkan agar terus melakukan protokol kesehatan 3 M dan 1 T. “Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak juga tidak berkerumun,” pesannya.

Sebelumnya, Kabid Pendidikan Madrasah Kemenag DIY, Muntholib, melaporkan bahwa kerjasama XL Axiata sudah dimulai sejak MoU dengan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI beberapa waktu lalu. “Selain atasi kendala PJJ, juga untuk mewujudkan Madrasah Menuju Kelas Dunia. Ini tentu merupakan cita-cita luhur untuk bersaing. Dan bantuan paket kuota internet ini memberikan amunisi yang luar biasa bagi kami,” ungkap Muntholib.

Hadir dalam kesempatan ini Kasi Kelembagaan dan SI Bidang Dikmad Nurhuda, Kelompok Kerja Madrasah DIY jenjang RA, MI, MTs dan MA, serta jajaran PT XL Axiata Tbk Area Yogyakarta. (Bap/Hik)


Tags: