Pekan Ini Puncak Pendaftaran SNMPTN 2015

Pekan Ini Puncak Pendaftaran SNMPTN 2015

SOLO (KRjogja.com) - Pekan ini kepadatan pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 bakal mencapai puncak. Karena pendaftaran secara online akan ditutup, Minggu 15 Maret.

"Tiga hari lalu sudah bisa dirasakan trend peningkatan jumlah pendaftar," jelas Prof Dr Sunardi MS, Sekretaris Eksekutif Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin (9/3/2015).

Bisa dipastikan puncak jumlah pendaftar SNMPTN akan terjadi pada pekan ini. Panitia, lanjut Prof Sunardi, telah menyiapkan server yang kapasitasnya memadahi guna mengantisipasi adanya lonjakan jumlah pendaftar hingga mencapai angka puncak.

Server langsung ditangani dari pusat. Dan selama ini belum ada keluhan dari pendaftar. "Kami di daerah tak pernah mendengar adanya keluhan. Calon pendaftar yang datang atau telpon umumnya menanyakan soal program studi dan angka keketatannya."

Masalah pilihan program studi yang membuat pergerakan jumlah pendaftar SNMPTN berjalan lambat. Dari data panitia di UNS sampai Selasa (3/3/2015) tercatat baru 9.287 pendatar, namun empat hari kemudian, Sabtu (7/3/2015) sudah melonjak ke angka 20,783.

Senin (9/3/2015) sekitar pukul 11.00 terjadi kenaikan menjadi 24.050 pendaftar. "Jadi ada kenaikan 4000 pendaftar. Kami yakin kenaikan akan terus terjadi," tutur Prof Sunardi di tengah kesibukan meninjau stand SPMB di arena pemeran Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Merujuk data tahun lalu, jumlah pendaftar SNMPTN menembus angka 48.000. Tahun ini Prof Sunardi berharap menimal jumlah pendaftarnya sama. "Syukur bisa melampaui. Dengan capaian itu berarti akan terjadi kepadatan," jelasnya.(Qom)


Tags: