Pelaksanaan Seleksi UM-PTKIN IAIN SAS Bangka Belitung Berjalan Lancar

Pelaksanaan Seleksi UM-PTKIN IAIN SAS Bangka Belitung Berjalan Lancar

Bangka,(Pendis). Pelaksanaan ujian Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2023 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung secara umum berjalan lancar. 

Sesuai dengan rencana dan jadwal yang ada, pelaksanaan SSE UM-PTKIN di IAIN SAS Bangka Belitung akan dilakukan mulai hari ini hingga tanggal 8 Juni 2023 bertempat di laboratorium komputer IAIN SAS Babel.


 Di hadiri oleh Rektor IAIN SAS Babel Irawan  didampingi Wakil Rektor I Hatamar  Sekaligus Ketua Panitia lokal dan Kepala Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Fatma Sylvana Dewi Harahap

Ketua Panitia Lokal  Hatamar  juga ikut memantau pelaksanaan SEE UM-PTKIN Mengatakan bahwa jumlah peserta yang tes di IAIN SAS Babel tercatat 440 peserta, yang setiap harinya terbagi menjadi 3 sesi.

“Kami telah mempersiapkan segala fasilitas dan sarana prasarana untuk menunjang keberlangsungan pelaksanaan ujian. Semoga para calon mahasiswa dapat mengikuti ujian dengan baik, dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dia berpesan kepada seluruh panlok dan pengawas ruangan untuk melakukan pengawasan secara ketat dan bertindak obyektif kepada seluruh peserta.

“Kita tidak menginginkan ada kecurangan yang mengurangi obyektifitas penilaian dalam kelulusan peserta SSE UM-PTKIN. Oleh karena itu saya meminta seluruh pengawas melakukan pemantauan dan memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh peserta,” katanya

Pelaksanaan ujian UM-PTKIN pada sesi pertama dengan menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) berjalan dengan baik. Menurut penanggung jawab SSE, persentase kehadiran peserta pada sesi pertama di IAIN SAS Bangka Belitung mencapai 97%.

 Nizar Ali  Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia dalam sambutan pembukaan SSE UM-PTKIN 2023 lewat zoom menyampaikan, ujian ini menjadi sarana untuk menjaring mahasiswa terbaik yang akan masuk PTKIN. 

Diharapkan mampu menjaring calon mahasiswa yag mempuyai prestasi, baik akademik dan non akademik. Beliau juga bersyukur bahwa setiap tahun grafik calon mahasiswa yang masuk UM-PTKIN mengalami peningkatan.

Ujian yang akan berlangsung sampai pada 8 Juni secara nasional ini akan menyeleksi 95.769 calon mahasiswa yang masuk PTKIN.