Logo MQKN 2023

Logo MQKN 2023

Jakarta (Pendis) – Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kembali menggelar Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) . Tepatnya pada tanggal 10 – 18 Juli 2023 dan bertempat di Pesantren Sunan Drajat, Jalan Raden Qosim, Banjaranyar, Paciran, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

MQKN diselenggarakan untuk para santri dan mahasantri dari Marhalah Ula hingga Ma’had Aly. Para santri dan mahasantri harus terdaftar di Pesantren pada Education Management Information System (EMIS). Pendaftaran oleh masing-masing kafilah dapat dilaksanakan mulai tanggal 1 Mei hingga 25 Juni 2023. Panitia pusat akan melakukan verifikasi keabsahan peserta melalui aplikasi pendaftaran pada tanggal 26 sampai 30 Juni 2023.

Dengan mengangkat tema “Rekontekstualisasi Turats untuk Peradaban dan Kerukunan Indonesia” MQKN tahun ini terdiri dari 5 cabang lomba, yaitu:
1.    Musabaqah Qira’atil Kutub untuk santri Marhala Ula hingga Marhalah Ulya;
2.    Debat Bahasa Arab/Inggris untuk santri Marhalah Wustha dan Marhalah Ulya;
3.    Bahtsul Kutub untuk mahasantri Ma’had Aly;
4.    Debat Qanun untuk mahasantri Ma’had Aly;
5.    Lalaran Nadhom Amtsilah at-Tashrîfiyah adalah Santri Marhalah Wustha dan Lalaran Nazham Alfiyah Ibnu Mâlik untuk Santri Marhalah Ulya.

Untuk informasi lengkap dapat mengunduh dokumen Petujuk Teknis (Juknis) Disini dan logo MQKN 2023 Disini