Pendidikan Agama Masuk Ujian Sekolah SD, SMP, dan SMA/SMK

Pendidikan Agama Masuk Ujian Sekolah SD, SMP, dan SMA/SMK

SOREANG, (PRLM).- Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan pendidikan agama Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Kong Hu Cu menjadi mata pelajaran yang masuk Ujian Sekolah (US) dari tingkat SD sampai SMA/SMK. Diharapkan adanya US agama membuat para siswa dan orangtuanya tidak lagi memandang sebelah mata terhadap mata pelajaran tersebut.

"Mulai tahun ini US baik SD, SMP, dan SMA/SMK akan ditambah dengan Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa Muslim dan pendidikan agama Kristen, Hindu, Budha, maupun Kong Hu Chu bagi siswa pemeluknya," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kab. Bandung, Drs. H. Juhana, M.M.Pd, di halaman Masjid Agung Alfathu, Selasa (22/2).

Lebih jauh Juhana mengatakan, US untuk SMA dilaksanakan dari 7-12 Maret, US SMK dari 16-23 Februari, US SMP dari 21-26 Maret, dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD pada April mendatang. "Nantinya soal-soal US maupun UASBN PAI dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI dan Kantor Kementerian Agama Kab. Bandung. Sedangkan untuk siswa-siswa non Muslim dari Pembimas agama di Kanwil Kemenag Jabar," katanya.

Pada tahun lalu pendidikan agama belum masuk dalam komponen US dan UASBN sehingga belum menjadi perhatian dari pihak sekolah maupun siswa dan orangtuanya.


Tags: