Pendidikan Keagamaan Sebagai Kontributor SDM Unggul

Pendidikan Keagamaan Sebagai Kontributor SDM Unggul

Jakarta (Pendis) - Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-74 yang mengusung tema SDM Unggul Indonesia Maju tahun ini dijawab langsung Kementerian Agama berkontribusi besar dalam Sumber Daya Manusia (SDM) ini terutama lewat jalur pendidikannya.

"Sektor Pendidikan agama dan keagamaan memberi kontribusi besar terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia yang memenuhi kualitas fisik, intelektual dan mental spiritual," sitir Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Nurkholis Setiawan pada pidato Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, saat upacara HUT RI ke 74 di Kementerian Agama RI, Sabtu (17/08/2019) pagi.

Menteri Agama yang masih berada di Arab Saudi sebagai Amirul Haj menegaskan dalam teks pidato resmi yang dibacakan oleh Guru Besar UIN Sunan Kalijaga yang pada pagi ini sebagai inspektur HUT RI ke 74 menyatakan bahwa sebagai warga negara Republik Indonesia, wajib memberi prioritas terhadap pembangunan manusia dalam segala aspeknya.

Oleh karena itu, Menteri Agama menginstruksikan jajaran Kementerian Agama untuk mengawal program pendidikan agama dan keagamaan dalam paradigma moderasi beragama guna mencapai hasil, tujuan dan makna yang diharapkan untuk kemajuan bangsa. "Pendidikan agama dan keagamaan tidak bisa dilakukan sendirian oleh Kementerian Agama, tetapi memerlukan sinergi lintas sektoral serta perlu partisipasi seluruh elemen masyarakat," tandas Lukman.

Menutup sambutan ini, Menteri Agama memberikan catatan bahwa membangun SDM Unggul berarti juga berani serta percaya diri untuk berpijak pada kaki sendiri. "Presiden Soekarno yang juga proklamator RI menyatakan bahwa bangsa yang tidak percaya pada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka," pesan Lukman Hakim Saifuddin.

Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan RI ke - 74 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kementerian Agama RI ini diikuti oleh semua pejabat Eselon I, II, III, IV, para JFU (Jabatan Fungsional Umum dan para JFT (Jabatan Fungsional Tertentu) di lingkungan Kementerian Agama RI Pusat. (romadlon/pipo/Solla)


Tags: