Pentas PAI Tingkat Nasional Tahun 2019 Akan Digelar Di Makassar

Pentas PAI Tingkat Nasional Tahun 2019 Akan Digelar Di Makassar

Batu (Pendis) - Kementerian Agama akan menyelenggarakan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional IX tahun 2019 di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 9-14 Oktober 2019. Hal ini disampaikan Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Rohmat Mulyana Sapdi dalam Rapat Koordinasi bersama Kepala Bidang Pendis/PAKIS/PAIS Kantor Wilayah Kemenag se-Indonesia di Batu, Jawa Timur, Jum`at (01/8).

Menurut Rohmat, kegiatan Pentas PAI merupakan agenda dua tahunan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam bidang kreatifitas dan seni pendidikan agama Islam. Even ini akan menjadi ajang kompetisi bagi peserta terbaik perwakilan provinsi. "Saya mengapreasiasi beberapa daerah yang telah menyelanggarakan secara berjenjang di daerah masing-masing dengan sangat baik," ungkap Rohmat.

Mantan Dosen UIN Bandung ini berharap Pentas PAI dapat menjadi motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah dalam mempelajari dan mencintai pelajaran PAI. "Selain itu, Pentas PAI diharapkan juga dapat menumbuhkan minat, bakat dan kreativitas di bidang keterampilan dan seni PAI," pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Kesiswaan Subdit PAI pada SMA/SMK, Hery Anshari Zakaria menyatakan Pentas PAI tahun ini akan mengambil tema "Keberagamaan Generasi Milenial Yang Moderat". Desain kegiatan tidak sekedar kompetisi akan tetapi juga proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama, kejujuran dan disiplin bagi peserta. "Tema-tema perlombaan seperti dalam lomba pidato, debat, nasyid, cerdas cermat telah didesain khusus sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap disiplin, religius dan moderat di lingkungan sekolah," jelas Hery.

Berbeda dengan sebelumnya, Pentas PAI tahun ini akan melombakan 10 cabang perlombaan. Delapan cabang perlombaan yang lama adalah Musabaqoh Tilawatil Qur`an, Lomba Pidato PAI, Musabaqoh Hifzhil Qur`an, Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Kaligrafi Islam, Lomba Seni Nasyid, Lomba Debat PAI, Lomba Kreasi Busana. Sementara untuk dua cabang perlombaan tambahan adalah Cerita Remaja Islam dan Karya Ilmiah Remaja PAI.

"Dengan konsep baru ini, kegiatan Pentas PAI akan bertambah meriah sekaligus memberikan banyak pengalaman dan manfaat bagi peserta," jelasnya. (nasukha/dod)


Tags: