Penting, Penguatan Kapasitas Guru

Penting, Penguatan Kapasitas Guru

JAKARTA, KOMPAS.com — Penguatan kapasitas guru dan kepala sekolah merupakan kunci penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Karena itu, perlu dibuka program-program pendidikan dan pelatihan untuk menyegarkan dan menguatkan kembali panggilan hidup sebagai pendidik, serta peningkatan kompetensi.

Kepedulian pada persoalan pendidikan di negeri ini membutuhkan keterlibatan banyak pihak. Apalagi masalah pendidikan di Indonesia cukup kompleks mulai dari akses pendidikan hingga kualitas layanan pendidikan.

”Membuat pendidikan tersebar seluas-luasnya ke masyarakat dan meningkatkan kualitasnya membutuhkan kerja sama dari semua pihak. Banyak alumnus dari luar negeri yang juga ingin membantu peningkatan pendidikan di Indonesia,” kata Dewan Pembina Indonesian Overseas Alumni (IOA) Manggi Habir, Kamis (19/1/2012), di Jakarta.

Menurut Manggi, IOA yang didirikan sejak tahun 2009 memang fokus pada pendidikan. Kepedulian pada pendidikan itu terutama difokuskan untuk pelatihan guru dan kepala sekolah di jenjang pendidikan dasar. ”Programnya berkelanjutan dan mendorong inovasi dalam pendidikan,” kata Manggi.

Para alumni dari luar negeri ini membawa pengalaman yang baik dari negara lain untuk diterapkan di Indonesia. Apalagi, pendidikan terus berubah dan berkembang.

Selain pelatihan dan transformasi kepemimpinan pada guru, IOA juga menggelar seminar-seminar terkait pendidikan. Persoalan peningkatan pendidikan dasar menjadi bahasan dengan menghadirkan pembicara utama Roelande H Hofman, Guru Besar Pendidikan Universitas Groningen, Belanda.

Hofman mengatakan, pendidikan saat ini berfokus pada akuntabilitas dan kualitas pendidikan. Hal yang penting dalam menjamin kualitas layanan pendidikan, yakni adanya pengawas-pengawas sekolah yang baik.


Tags: