Para pemenang Nominasi QUAS Award 2023 berfoto dengan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan

Para pemenang Nominasi QUAS Award 2023 berfoto dengan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan

Salatiga (Pendis) - Dalam rangka meningkatkan pelayanan Unit Pengelolaan Program Studi (UPPS), Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri Salatiga menyelenggarakan Quality Assurance Award (QUAS) Kamis (9/11/2023). Kegiatan yang digelar di Haris Hotel & Convention Solo itu diikuti oleh seluruh dekan, wakil dekan, dan ketua lembaga di lingkungan UIN Salatiga.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN Salatiga, Muh. Saerozi menilai QUAS adalah bentuk pemberian apresiasi kepada pihak-pihak yang sudah berjasa untuk UIN Salatiga. "Melalui kegiatan ini, kita dapat memberikan apresiasi kepada siapa saja yang dinilai berjasa. Ajang ini juga merupakan kesempatan untuk kita merangkai kebersamaan guna memajukan lembaga," ujarnya lebih lanjut.

Dirinya berharap QUAS bisa dijadikan gelaran tahunan yang ditetapkan melalui peraturan dan SOP yang jelas, "Dengan adanya peraturan yang mengatur QUAS, kita tidak hanya memberi apresiasi tetapi juga motivasi bagi segenap pengelola."

Menurut keterangan yang diberikan oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN Salatiga, Budiyono Saputro, indikator penilaian QUAS diambil dari performa tiga tahun terakhir. "Indikator penilaian kita sesuaikan dengan kategori yang ada. Beberapa di antaranya seperti kelengkapan dokumen bukti; hasil Audit Mutu Internal; jumlah dosen, mahasiswa, dan tendik dengan rekognisi internasional; keterserapan anggaran, dan sebagainya," jelasnya.

Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan IPA tersebut menyebutkan bahwa QUAS melibatkan berbagai ahli dalam penilaiannya, "Untuk penilaian, kami menggandeng expert di bidangnya yang datang dari LPM, kalangan auditor, hingga pakar/praktisi manajemen mutu dari perguruan tinggi lainnya," tukasnya.

"Semoga adanya QUAS ini dapat memenuhi efektifitas pelaksanaan sistem penjaminan mutu di universitas kita dan bisa menjadi sarana untuk menetapkan reward and punishment bagi UPPS yang mencapai target dan tidak mencapai target Perkin," pungkasnya.

QUAS UIN Salatiga 2023 memberi penghargaan untuk tujuh kategori, yaitu: Program Studi AMI Terbaik, Program Studi Berdaya Saing Internasional, Program Studi Sistem Informasi Terbaik, UPPS Program Studi Unggul Terbanyak, UPPS Guru Besar Terbanyak, UPPS Capaian Kinerja Terbaik, dan Tenaga Kependidikan Rekognisi Terbanyak.

Berikut daftar nominasi dan pemenang QUAS UIN Salatiga 2023:

1. Nominasi Kategori Program Studi AMI Terbaik:

Program Studi S1 TBI

Program Studi S1 AFI (Pemenang)

Program Studi S2 HKI

2. Program Studi Berdaya Saing Internasional:

Program Studi S1 TBI

Program Studi S2 HKI (Pemenang)

Program Studi S2 TBI

3. Program Studi Sistem Informasi Terbaik:

Program Studi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

Program Studi S1 Perbankan Syariah

Program Studi S1 Manajemen Bisnis Syariah (Pemenang)

4. UPPS Program Studi Unggul Terbanyak:

Fakultas Syariah

Fakultas Usuluddin, Adab dan Humaniora

Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam (Pemenang)

5. UPPS Guru Besar Terbanyak:

Fakultas Usuluddin, Adab dan Humaniora

Program Pascasarjana (Pemenang)

Fakutas Dakwah; Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan; Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam

6. UPPS Capaian Kinerja Terbaik:

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam (Pemenang)

Fakultas Usuluddin, Adab dan Humaniora

7. Unit Tenaga Kependidikan Rekognisi Terbanyak:

Bagian Umum dan Akademik, Biro UAPK

Bagian Tata Usaha Fakultas Syariah

UPT Perpustakaan (Pemenang)