Peringatan Hari Lahir Pancasila 2017 : Kita Indonesia, Kita Pancasila

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2017 : Kita Indonesia, Kita Pancasila

Jakarta (Pendis) - Ratusan pegawai Kementerian Agama RI melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 di halaman kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta, Jum`at (02/06) pagi. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam.

Pada kesempatan ini, Inspektur Upacara membacakan naskah sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila. Dalam awal sambutannya, Nur Syam menyampaikan bahwa upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal l Juni 1945 yang dipidatokan lr. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita," ujar Nur Syam.

"Harus diingat bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia. ltulah kebhinneka tunggal ika-an kita," lanjut guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Untuk itu, Sekjen berpesan kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama untuk senantiasa, "jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan lndonesia". Di akhir sambutannya, Nur Syam menyerukan slogan peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017, "Kita lndonesia, Kita Pancasila. Semua Anda lndonesia, semua Anda Pancasila. Saya lndonesia, saya Pancasila," pungkas Nur Syam.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2017 merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa Indonesia. Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. (dod/dod)


Tags: