Seleksi Kompetensi PPPK

Seleksi Kompetensi PPPK

Bangka (Pendis) - Seleksi Kompetensi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun Anggaran 2023 dilaksanakan pada hari Senin, 13 November 2023. Peserta dari Kemenag berjumlah 47 peserta pada sesi 1 dan 148 peserta pada sesi 2 mengikuti seleksi kompetensi PPPK di Gedung Serba Guna Sinar Pusaka.

Seleksi kompetensi PPPK menggunakan Computer Assited Tes Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN) yang terdiri atas Seleksi Kompetensi Teknis 90 soal, Seleksi Kompetensi Manajerial 25 soal, Seleksi Kompetensi Sosial Kultural 20 soal yang dikerjakan dalam waktu 120 menit dan Seleksi Wawancara 10 soal dalam waktu 10 menit. Total pertanyaan yang harus dikerjakan oleh peserta berjumlah 145 pertanyaan.

Nilai ambang batas seleksi kompetensi teknis PPPK Jabaran Fungsional 2023 dapat dilihat pada Keputusan Menteri PANRB No. 652 Thun 2023. Nilai ambang batas seleksi kompetensi & sosial kultural berjumlah 117. Sedangkan nilai ambang batas seleksi kompetensi wawancara sebesar 24.

Peserta hanya diperbolehkan membawa kartu peserta ujian dan KTP kedalam ruang ujian. Sebelum itu, peserta melakukan pengecekan kelengkapan dokumen, penitipan barang kepada panitia, body search dan pemberian PIN peserta.

IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung membuka 7 formasi PPPK, dengan rincian 5 formasi khusus dan 2 formasi umum. Formasi Khusus yaitu Ahli Pertama Arsiparis, Ahli Pertama Analis Sumber Daya Manusia Aparatur, Ahli Pertama Perencana, Ahli Pertama Pranata Komputer, dan Ahli Pertama Pranata Laboratorium Pendidikan. Sedangkan Formasi Umum yaitu Ahli Pertama Pustakawan dan Asisten Ahli Dosen Pendidikan Agama Islam.

Rektor IAIN SAS Babel, Irawan yang didampingi oleh Plt. Kepala Biro AUAK Amir Hamzah berkesempatan memberikan arahan sebelum para peserta memulai tes pada Sesi II. "Dalam menjalani tes ini, peserta harus mengikuti ujian sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak boleh melakukan kecurangan. Yang terpenting, berdoa dengan tuhan agar diberikan ketenangan dan kemudahan agar dapat menjawab soal dengan fokus dan lebih konsentrasi. Utamakan kejujuran dalam menjawab pertanyaan dan mengindahkan tata tertib yang berlaku", ungkap Rektor IAIN SAS Babel.

Seluruh peserta memadati lokasi ujian mulai pukul 06.00 WIB dan melaksanakan registrasi pukul 06.30 WIB bagi peserta seleksi pada sesi pertama. Seluruh proses seleksi, mulai dari registasi hingga selesai dan mengambil kembali barang peserta yang sebelumnya dititipkan, berjalan dengan tertib dan tidak ada kendala yang berarti.