PIK-R Mutiara IAIN SAS Babel  Raih  Juara Pertama PIK-R Unggulan 'Segmentasi Berkolaborasi' Tingkat Provinsi  Bangka Belitung Tahun 2023

PIK-R Mutiara IAIN SAS Babel Raih Juara Pertama PIK-R Unggulan 'Segmentasi Berkolaborasi' Tingkat Provinsi Bangka Belitung Tahun 2023

Bangka,(Pendis). Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)" Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Mutiara" Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (IAIN SAS Babel).

PIK-R Mutiara  berhasil meraih Juara Pertama PIK-R Unggulan 'Segmentasi Berkolaborasi' Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023 yang di laksanakan di Bangka City Hotel Sabtu, 15 Juli 2023 lalu.

Apresiasi pemilihan PIK-R Unggulan  tingkat Provinsi ini merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun proses kompetisi ini terdiri dari beberapa tahap. Pertama, masing-masing Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyeleksi dan menilai PIK-R di wilayahnya sesuai dengan kriteria penilaian yang mengacu pada kriteria penilaian dari perwakilan BKKBN Provinsi kepulauan Bangka Belitung.

Selanjutnya, setiap PIK-R mengirimkan profil PIK-R dalam bentuk cetakan dan juga vidio/film sebagai nilai tambah ke perwakilan BKKBN Provinsi. Tim penilaian Provinsi melakukan seleksi terhadap PIK-R pemenangan di Kabupaten berdasarkan profil yang dikirimkan.

Kemudian, di dalam profil tersebut dijelaskan semua mulai dari asal usul PIK-R Mutiara, Biodata Anggota, seluruh Administrasi Organisasi, Rancangan Kerja, Notulensi Kegiatan, Foto-foto Kegiatan, Inovasi Program Kerja, MoU, dan berbagai dokumen lainnya.

Tim penilai dari BBKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan Verifikasi Lapangan langsung ke lokasi PIK-R. Pada tahap Verifikasi Lapangan, tim penilai melakukan penilaian mulai dari ruang sekretariat, administrasi, pengetahuan Modul Tentang Kita Berkolaborasi, Program Kerja, Pendidik & Konselor Sebaya, Sosial media, dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah melewati beberapa tahap, terpilih lah PIK-R Mutiara IAIN SAS Babel  Raih Juara Pertama PIK-Remaja Unggulan 'Segmentasi Berkolaborasi' Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023.

Primalita Putri Distina, M. Psi., Psikolog selaku pembina PIK-R Mutiara sangat mengapresiasi atas penghargaan yang diperoleh PIK-R Mutiara sebagai Juara Pertama ini, terlebih ini baru kali pertama PIK-R Mutiara mengikuti ajang kompetisi ini.

"Semoga ini menjadi awal yang baik bagi PIK-R Mutiara  kedepannya, dan dapat meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan kegiatan yang lebih inovatif dan kreatif, serta dapat meningkatkan minat remaja untuk aktif dalam kegiatan dan pengelolaan PIK-Remaja." Ucap Primalita.

Sandri, Mahasiswa Prodi BKPI selaku Ketua Umum PIK-R Mutiara  juga menyampaikan ucapan terimakasih nya kepada PLKB Kecamatan Mendo Barat Bapak Ari Nugraha dan jajarannya, Pembina, Demisioner, Pengurus, dan juga seluruh anggota PIK-R Mutiara  yang sudah bekerja sama dalam mengembangkan PIK-R Mutiara  dan sampai mendapatkan penghargaan ini. Ucapan terimakasih juga disampaikan bagi semua pihak yang telah mendukung dan juga mendukung PIK-R Mutiara.

Ia berharap PIK-R Mutiara dapat lebih solid lagi dan juga bermanfaat bagi remaja dapat menjadi model ,serta tempat rujukan bagi PIK-R lainnya dan menjadi role model bagi remaja lainnya. "Jika generasi muda kita sehat, cerdas, dan memiliki kualitas SDM yang hebat, maka kita optimis Bangka Belitung akan menjadi daerah yang Gemilang dan Berdaya Saing. Pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan, pemuda adalah agen perubahan sosial". Tutup Sandri