Pj. Gubernur Babel

Pj. Gubernur Babel

Bangka (Pendis) - Pj. Gubernur Babel, Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu menyampaikan Orasi Ilmiahnya pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana dan Pascasarjana ke-19 IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, pada Kamis (2/11/2023).

Bertempat di Asrama Haji Prov. Kep. Babel, Dr. Zayadi, M.Ag, Ketua Senat membuka secara resmi Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Ke-19 yang bertemakan "Peran dan Kontribusi Alumni IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik di tengah Masyarakat Bangka Belitung", dengan mengucapkan Basmallah.

Dalam orasinya, Pj. Gubernur menyampaikan kondisi terkini Bangka Belitung dalam sektor pendidikan, indeks pembangunan manusia. Masih banyak tugas yang harus diselesaikan di Bangka Beklitung. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Provinsi berupaya memberikan bantuan beasiswa, bantuan pendidikan dan pelatihan.

Tak hanya alokasi anggaran pendidikan yang lebih dari 20%, tetapi ada bantuan sosial pendidikan dan bantuan-bantuan lain. "Segala tantangan harus jadi kekuatan, kalian harus menyadari bahwa babel memiliki keunggulan yang tidak dimiliki provinsi lain, yaitu bidang pariwisata, perikanan, pembangunan dan pertanian, serta ketersediaan/perbaikan insfrastruktur dan akses", jelas Dr. Suganda.

Berbicara soal kesehatan, permasalahan stunting juga tak kalah pentingnya. Pj. Gubernur mengajak semua alumni untuk ikut memerangi stunting dan menghimbau untuk tidak melakukan pernikahan pada usia dini. "Kami menghimbau kepada seluruh lulusan untuk untuk memerangi stunting. Paling tidak kita mengedukasi untuk tidak menikah diusia dini, karena pernikahan dini menjadi salah satu faktor meningkatnya stunting di Babel", ungkap Pj. Gubernur Babel dalam orasinya.