Pondok Pendawa Luncurkan Program Beasiswa Arjuna

Pondok Pendawa Luncurkan Program Beasiswa Arjuna

Bogor (Pendis)- Pondok Pesantren Enterpreneurship Pemuda dan Mahasiswa (Pendawa) meluncurkan program beasiswa Anak Rantau Menjadi Ulama dan Sarjana (Arjuna). 
Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Muhammad Ali Ramdhani, mengatakan, beasiswa arjuna memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam mewujudkan kader ulama dan sarjana.

“Kehadiran beasiswa Arjuna ini salah satu bentuk gagasan yang brilian, original dari Kyai Dr. Imam Safei untuk kemudian memberikan ruang kepada kita semua, agar lahir ulama-ulama, lahir sarjana-sarjana dari komunitas-komunitas yang terikat sebuah rantai ketidakmampuan.” Ujar Dhani dalam acara peluncuran beasiswa Arjuna melalui zoom conference meeting (7/3/2021)

Menurut Dhani, kesempatan memperoleh pendidikan adalah hak semua orang, namun keterbatasan ekonomi yang kemudian membatasi orang dalam memperoleh Pendidikan. “secara akademik kita memahami bahwa semua orang seharusnya memiliki tempat yang sama, tetapi dari keterbatasan ekonomi yang kemudian membatasi orang untuk kemudian dia memperoleh jenjang yang lebih tinggi,” jelas Dhani.

Diakhir pemaparan, Dhani turut menyambut peluncuran beasiswa arjuna yang bertujuan untuk merawat komunitas-komunitas yang berpotensi dari daerah. “Saya menyambut secara pribadi dan kelembagaan dengan rasa senang serta bahagia bahwa ada orang yang peduli, juga merawat komunitas-komunitas yang membutuhkan sapaan dalam bentuk beasiswa arjuna.” paparnya.

Pendiri Pondok Pendawa, Imam Safe’i mengatakan Beasiswa Arjuna berupaya untuk mewadahi saluran donasi masyrakat, yang diperuntukan untuk membantu biaya Pendidikan anak-anak rantau, yang berasal dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) yaitu anak-anak Indonesia yang kurang mampu secara ekonomi, yang terbatas akses Pendidikan dan anak-anak lain yang kurang beruntung dari daerah-daerah perbatasan.

“Melalui   program   tersebut,   Anak-anak   yang   dari   daerah   3T   mampu   untuk mewujudkan kengingin melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan Tinggi dengan melalui donasi yang diberikan oleh masyrakat. Dengan harapan mereka mampu mengembangkan ilmu kepesantrenannya dan menjadi sesosok Sarjana dan Ulama,” jelas Imam Safei.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Wahid Foundation, Yenny Zannuba Wahid, sangat mendukung program yang digagas Pondok Pendawa. Menurutnya, banyak sekali anak-anak muda muslim yang potensinya sebetulnya luar biasa tetapi karena tidak difasilitasi maka mereka tidak bisa meraih harapannya atau tidak bisa menjadi orang yang lebih berguna lagi bagi keluarganya bagi dirinya bagi agamanya baik dan bagi masyarakat.

Yenny berharap agar penerima beasiswa Arjuna mengutamakan akhlak yang baik dan mengedepankan sikap saling membantu. “Saya berharap dari teman-teman mahasiswa yang ada di Pendawa ini yang mendapat beasiswa Arjuna nantinya akan menjadi orang-orang yang bisa membimbing masyarakat dan bukan cuma orang yang punya keahlian punya skill tetapi juga punya Akhlak Yang Mulia yang bisa mengerti bahwa kita hidup ini memang hanya untuk saling tolong-menolong,” pungkasnya. (Miftah/Hik) 


Tags: