PPSN 2012 Resmi Dibuka oleh Menteri Agama

PPSN 2012 Resmi Dibuka oleh Menteri Agama

Pendis - "Pramuka adalah sebuah kawah candradimuka di mana nilai-nilai luhur, karakter, dan kepribadian generasi muda ditumbuhkembangkan, ditempa dan dibentuk. Etos kerja, tanggung jawab, gotong royong, pantang menyerah, kreatif, dan sejenisnya adalah nilai dan sikap yang amat kental dikembangkan di sana. Dengan pemahaman dan pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka yang sungguh-sungguh, maka harapan terbentuknya generasi muda yang berkarakter bukan hanya mimpi," demikian dikatakan Menag, Suryadharma Ali saat memberi sambutan pada Pembukaan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) lapangan Engku Putri Batam Center (03/07/2012).


Hadir dalam kesempatan itu seluruh peserta PPSN beserta Pembina Pendamping (Bindamping), Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda), para Kasi, Kabid Pekapontren, dan Kakanwil se-Indonesia. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Gubernur Prop. Kepri, Muhammad Sani beserta jajarannya, dan juga Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf.


Menag mengharapkan penyelenggaraan even ini menjadi titik tolak bagi seluruh pihak yang terlibat untuk tidak kenal lelah menumbuhkembangkan dan memperkuat nilai-nilai luhur bangsa. Kegiatan ini juga menjadi momentum untuk membangun apa yang disebut dengan Delapan Karakter Indonesia Emas yang meliputi etos spiritual, etos mutu, demokratis, multikultural, kecerdasan kritis, peduli lingkungan, berwawasan maritim, dan tanggung jawab global.


Itulah profil ideal generasi yang berkarakter. Salah satu poin pentingnya adalah bahwa karakter dibentuk dari kebiasaan, membiasakan diri bertindak dan melakukan hal-hal yang baik agar menjadi karakter dan jati diri.


Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, H. Nur Syam, dalam sambutannya selaku leeding sector dari PPSN 2012 menjelaskan bahwa Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) III tahun 2012 yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana Batam ini adalah dalam satu wadah besar yaitu Perkemahan Pramuka Pendidikan Islam Nusantara (P3IN).


Kegiatan ini, lanjut mantan Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya ini merupakan gabungan dari kegiatan dengan Perkemahan Wirakarya Nasional PTAIN. PPSN yang dilaksanakan dalam siklus 3 tahunan ini untuk pertama kalinya digelar pada tahun 2006 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur, dan yang kedua tahun 2009 di Bumi Perkemahan Letjen (Purn) Masyhudi Jatinangor, Sumedang Jawa Barat. Sedangkan Penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya Mahasiswa PTAIN saat ini merupakan yang ke-11, yang diselenggarakan 2 tahun sekali.


Selanjutnya Dirjen Pendis mengungkapkan tujuan dari Perkemahan Pramuka Pendidikan Islam Nusantara, adalah: Pertama, mendorong dan menumbuhkembangkan semangat persatuan, kesatuan, bela negara, dan nasionalisme, sebagai perwujudan karakter bangsa di lingkungan pramuka Pendidikan Islam; Kedua, mendorong dan menumbuhkembangkan kesadaran bela negara dan cinta bahari di lingkungan Pendidikan Islam; Ketiga, meningkatkan komitmen pengabdian dan kepedulian anggota pramuka terhadap masyarakat, bangsa, dan negara; Keempat, mendukung dan melaksanakan program unggulan daerah dalam membangun masyarakat.

(vnu/ra)
Tags: