Wakil Rektor 3 UIN Gus Dur (nomor 2 dari kanan) saat menenrima penghargaan Tapak Tenda Putri Terbaik

Wakil Rektor 3 UIN Gus Dur (nomor 2 dari kanan) saat menenrima penghargaan Tapak Tenda Putri Terbaik

Gorontalo (Pendis) – UIN Gus Dur Pekalongan berhasil raih Penghargaan Tapak Tenda Putri Terbaik I pada ajang Perkemahan Wirakarya Nasional XVI tahun 2023. Pengumuman penghargaan disampaikan pada momen penutupan PWN 2023 yang digelar di IAIN Sultan Amai Gorontalo pada Jumat, 26 Mei 2023.

Di penghujung acara penutupan PWN 2023, sederet penghargaan diberikan kepada kontingen terbaik dalam beragam kategori. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Agama RI, Dr. H. Zainut Tauhid Sa'adi, M.Si.

Dari 68 kontingen yang berlibat, baik dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) serta Universitas Islam Negeri (UIN) se-Indonesia, UIN Gus Dur Pekalongan berhasil raih Penghargaan Tapak Tenda Putri Terbaik I.

Atas keberhasilan tersebut, Rektor UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., memberikan apresiasi kepada kontingen Pramuka UIN Gus Dur Pekalongan yang telah bekerja keras, mulai dari persiapan hingga berjalanannya acara.

"Apapun hasilnya, sebenarnya penghargaan adalah sebuah bonus dari apa yang telah diperjuangkan, namun perlu diketahui bahwa sebuah hasil tidak pernah menghianati usaha. Dan hasil ini tentunya patut diapresiasi, sekali lagi saya ucapkan selamat,” ucap Prof. Zaenal.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama UIN Gus Dur Dr. H. Muhlisin, M.Ag., menyebutkan penghargaan ini menjadi bukti sejarah Pramuka UIN Gus Dur Pekalongan mampu meneruskan tradisi kepengurusan sebelumnya, karena dibeberapa PWN yang lalu, UIN Gus Dur seringkali memperoleh penghargaan di kategori ini.

"Saya kira penilaian yang dilakukan oleh juri memang sudah profesional, dan semoga ke depan UIN Gus Dur dapat tetap mempertahankan predikat yang telah diraih dan dapat meningkatkannya di kategori-kategori yang lain,” ungkap Muhlisin.

Tapak Tenda Pramuka UIN Gus Dur dibuat dari rangkai bambu yang disusun sedemikian rupa, serta dirakit menggunakan tali pramuka dengan beragam simpul seperti simpul pangkal, simpul palang, simpul silang dan simpul variasi. Tapak Tenda ini berhasil mendapatkan poin tertinggi pertama dari total 68 kontingen.