Prestasi dan apa saja yang dikerjakan Ditjen Pendis harus diketahui publik.

Prestasi dan apa saja yang dikerjakan Ditjen Pendis harus diketahui publik.

PENDIS - "Saya sangat berharap publik bisa mengetahui prestasi apa saja dan hal-hal yang dikerjakan oleh Ditjen Pendidikan Islam demi pembangunan pendidikan Islam untuk meningkatkan kualitas dan target pembangunan pendidikan nasional yang sesungguhnya," unkap Sekretaris Ditjen Pendis Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA ketika memberikan arahan dalam acara Workshop Penyusunan Laporan Konsolidasi Program Berbasis e-Monev di Bogor (10-07-2013).


Laporan program/kegiatan merupakan instrumen untuk mengevaluasi kinerja satuan kerja sekaligus sebagai bahan dalam membuat kebijakan-kebijakan di masa mendatang, serta sebagai sarana pengendalian internal atas penyelenggaraan kegiatan mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan serta evaluasi bagi dari segi keberhasilan maupun kekurangan.


Aplikasi e-Monev (electronic Monitoring dan Evaluasi) merupakan pengembangan aplikasi PP 39 Tahun 2006 yang bersifat off-line menjadi on-line. Aplikasi ini merupakan alat bantu untuk mengelola program/kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi tuntutan nasional melalui mekanisme Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional). Di dalam pelaksanaannya, kegiatan mekanisme pelaporan ini dilakukan secara berkala setiap triwulan, semester dan tahunan serta berjenjang dari unit kerja yang paling bawah suatu organisasi sampai kepada pucuk pimpinan organisasi.


Dalam hal melakukan kegiatan pengendalian dan evaluasi program/kegiatan, dibutuhkan sumber daya manusia yang handal professional dalam melakukan tugas tersebut. Oleh karena ini dibutuhkan forum untuk memberikan arahan tentang tata cara pengendalian dan evaluasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan demikian pengendalian dan evaluasi pelaksanaan program di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama dapat berjalan dengan baik sehingga mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan yakni tepat waktu dan menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, catatan penyerapan anggaran yang optimal dan pencapaian target pembangunan pendidikan Islam dalam kerangka pendidikan nasional.

(sya/ra)
Tags: