Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Adakan Kelas Statistika Bersama Badan Pusat Statitik Provinsi Bangka Belitung.

Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Adakan Kelas Statistika Bersama Badan Pusat Statitik Provinsi Bangka Belitung.

Bangka,(Pendis) --- Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam(KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Institut Agama Islam Negeri(IAIN)Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam sukses menyelenggarakan Kelas Statistika bertemakan “Pemanfaatan Aplikasi Statistik Bagi Penyusunan Tugas dan Skripsi Mahasiswa”.

 Dua orang pembicara utama dihadirkan dari  Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Oktarina Safar Nida dan Rojani Acara ini berlangsung di Aula PGRA Gedung Tarbiyah B IAIN SAS Babel, Senin (22/05/2023).

Dosen Pengampu Mata Kuliah Statistika Marheni dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak BPS terkait kesediaannya dalam pendampingan praktik ini.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap mahasiswa/i KPI dalam pemanfaatan aplikasi pada mata kuliah yang sedang dipelajari.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah materi yang ada dikelas, agar mahasiswa/i tahu cara menghitung mean, median, serta praktik langsung dalam pemanfaatan aplikasinya”

Narasumber memaparkan materi bagaimana tips dan trik pengolahan data primer dengan excel dan spss. Apa itu aplikasi statistik, apa saja yang harus dipersiapkan dalam pengambilan data primer, sampai dengan cara mengolah data melalui aplikasi. Dipandu oleh Aisya yang merupakan mahasiswi KPI semester 4 sebagai moderator.

Dalam kesempatan ini,Rojani menyampaikan bahwa akan siap membantu apabila mahasiswa/i mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas akhir. Seminar ini dihadiri lebih dari 40 mahasiswa/i KPI bahkan mahasiswa akhir dari Prodi Perbankan Syariah dan Akuntansi Syariah.

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan diskusi serta kuis sebagai ulasan dalam materi yang sudah disampaikan.Diakhiri dengan penyerahan sertifikat oleh Ketua Umum HMPS KPI dan Ketua Pelaksana dan ditutup dengan sesi foto bersama. 

Ketua Umum HMPS KPI, Kholil Gibran berharap kegiatan ini menjadi langkah mahasiswa KPI dalam berproses menyelesaikan masa studi. “Saya harap kegiatan ini menjadi pengetahuan tambahan bagi kita semua dalam menyelesaikan studi dan berguna di dunia kerja nantinya.” Tutur Kholi Gibran.