PROF DR DJOHAR MS; Sistem Pendidikan Indonesia Perlu Diperbaiki

PROF DR DJOHAR MS; Sistem Pendidikan Indonesia Perlu Diperbaiki

Pembangunan pendidikan di Indonesia membutuhkan pilar kokoh serta perencanaan yang cermat. Sayangnya, sistem pendidikan yang saat ini ada masih terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki. Baik itu yang terkait dengan kualitas SDM, pemerataan pendidikan maupun evaluasi pembelajaran bagi peserta didik.
"Saya kira hari pendidikan nasional adalah momentum yang tepat untuk melakukan evaluasi diri terhadap berbagai persoalan yang ada. Sehingga sistem pendidikan yang digunakan sesuai dengan ajaran dan harapan dari Ki Hadjar Dewantara," kata Pakar Pendidikan sekaligus Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Prof Dr Djohar MS kepada KR, Minggu (1/5).
Djohar menyatakan, membangun pendidikan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, tapi harus dilandasi dengan pilar yang kokoh. Untuk bisa mewujudkan hal itu perbaikan sistem pendidikan harus dilakukan secara menyeluruh dan tidak sepotong-sepotong. Karena dengan cara tersebut diharapkan bisa tercipta pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.
"Adanya sistem among seperti yang selama ini diajarkan oleh Ki Hadjar Dewantara terbukti cukup efektif. Jadi tidak ada salahnya apabila sistem tersebut diterapkan kembali. Saya optimis apabila guru bisa mewujudkan ajaran-ajaran itu, kemandirian anak akan bisa terwujud," papar Djohar.
Lebih lanjut mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu menambahkan, pemerintah dan stakeholders terkait harus segera mengembalikan pilar-pilar yang mendukung pendidikan. Tentunya semua itu harus dilakukan secara menyeluruh (bersifat nasional) dan tidak hanya bersifat lokal. Pasalnya jika hal itu tidak segera diwujudkan kesenjangan yang terjadi dalam dunia pendidikan tidak bisa diatasi secara tuntas.
"Jujur saja dalam kondisi dunia pendidikan seperti sekarang untuk mewujudkan hal itu tidak mudah. Sebab selain membutuhkan sinergitas dari berbagai pihak, juga perlu diimbangi dengan keseriusan dan perencanaan yang baik," terangnya. (Ria)-g


Tags: