Program Akselerasi Guru Besar PTKI Alami Kemajuan Signifikan

Program Akselerasi Guru Besar PTKI Alami Kemajuan Signifikan

Jakarta (Pendis) - Program Akselerasi Guru Besar di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama RI merupakan sebuah program dengan ekspektasi yang membanggakan. Pasalnya, program ini telah melahirkan sejumlah Guru Besar (profesor) dari berbagai disiplin ilmu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Direktur PTKI, Arskal Salim GP mengatakan, dari tahun ke tahun program ini telah mengalami kemajuan yang signifikan dan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas pendidik (dosen) terutama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

"Realitas ini bisa dilihat dan dibuktikan dalam program bantuan akselerasi Guru Besar di tahun ketiga (tahun 2018). Boleh dibilang determinasi program ini dalam melahirkan Guru Besar sangatlah nyata, bahkan telah memenuhi ekspektasi yang luar biasa," ujarnya.

Ia menjelaskan, di tahun 2018 Direktorat PTKI menargetkan dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun program akselerasi tersebut telah menghasilkan sejumlah artikel atau karya ilmiah yang mampu menembus Jurnal Internasional Bereputasi.

"Bahkan dari 22 orang peserta yang mengikuti program ini telah melahirkan Guru Besar sebanyak 15 orang. Hal ini sebuah ekspektasi yang fantastis dan perlu diapresiasi. Bahkan, bila perlu jumlah dan sasarannya ditingkatkan lebih besar lagi," ungkap Guru Besar UIN Jakarta.

Lebih lanjut, Arskal mengucapkan selamat kepada para peserta Program Akselerasi Guru Besar yang telah menyandang predikat Guru Besar. Ucapan terima kasih juga kepada mitra Kementerian Agama dalam hal ini University Putra Malaysia yang dimotori Prof. Jayakaran Mukundan.

Kasubdit Ketenagaan, Syafi`i menambahkan untuk tahun 2019, program akselerasi Guru Besar dilaksanakan melalui 2 (dua) skema. "pertama, skema dalam bentuk pelatihan penulisan dan penerbitan artikel (karya ilmiah) bidang ilmu ekonomi syariah/Islam yang ada di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam PTKIN. Skema kedua, yaitu pelatihan penulisan dan penerbitan artikel (karya ilmiah) bidang ilmu sosial dan sains PTKIN," jelasnya.

Syafi`i menambahkan, diharapkan program tahun ini pertambahan dan pertumbuhan Guru Besar di lingkungan PTKI akan terdistribusikan secara merata di semua Fakultas, terutama Fakultas Ekonomi Bisnis Islam yang merupakan fakultas bungsu yang sampai saat ini masih langka dalam pemenuhan Guru Besar. (Ogie/Solla)


Tags: