Prosedur UN Baru Terbit

Prosedur UN Baru Terbit

SEMARANG (Suara Merdeka) – Waktu pelaksanaan ujian nasional (UN) untuk SMP, SMA, SMK, dan sederajat tinggal sebulan lagi, namun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) baru menerbitkan prosedur operasional standar (POS) UN.

Padahal, POS UN merupakan ketentuan penyelenggaraaan UN, termasuk penyediaan bahan yang harus melibatkan percetakan sebagai pihak ketiga. POS UN 2014/2015 terbit dalam Peraturan BSNP Nomor 0031/P/BSNP/III/2015 yang ditetapkan 13 Maret 2015 oleh Ketua BSNP Zainal AHasibuan.

Peraturan itu ditetapkan sehari setelah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 5 Tahun 2015 ditetapkan dan diundangkan. Terbitnya POS UN ini terbilang terlambat jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Biasanya untuk UN yang akan dilaksanakan pada April-Mei, POS UN sudah terbit Desember tahun sebelumnya dan dilakukan sosialisasi pada Januari tahun UN dijadwalkan.

Keterlambatan terbitnya POS UN disebabkan oleh proses perubahan Permendikbud yang menjadi landasan penyelenggaraan UN. Ada yang berubah, tahun ini UN tak lagi menjadi syarat kelulusan siswa.

Perubahan itu yang ada dalam Permendikbud Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah/-Madrasah/Pendidikan Kesetaraan.

Tak Beda Jauh

Turunnya POS UN tersebut langsung direspons oleh dinas pendidikan di daerah. "Kami sudah mengunggah di laman situs Dinas Pendidikan Kota Semarang. POS UN dan Permendikbud bisa dilihat dan diunduh oleh sekolah-sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin, semalam.

POS UN dan Pemendikbud 5/2015 serta ketentuan tentang perguruan tinggi dalam UN, juga telah diunggah oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah di lamannya. Selanjutnya, dinas pendidikan akan melakukan sosialisasi secepatnya. "Dalam waktu dekat kami akan sosialisasi.

Tinggal menunggu koordinasi dengan provinsi," kata Bunyamin. Awal Februari lalu pihaknya telah menyosialisasikan rancangan POS UN bersama BSNP. Materi POS UN 2014/2015 tak jauh beda dengan rancangan yang telah disosialisasikan. Berdasarkan POS dari BSNP, UN tahun ini untuk SMA dan sederajat akan dilaksanakan pada 13 April – 15 April 2015.

Sementara untuk SMK dan sederajat, 13 April – 16 April 2015, sedangkan untuk SMP dan sederajat pada 4 Mei – 7 Mei 2015. BSNP juga menetapkan perguruan tinggi negeri koordinator pemindaian lembar jawab UN melalui Keputusan BSNP Nomor 0250/SKEP/BSNP/III/- 2015.

Ada 48 perguruan tinggi negeri yang ditunjuk. Untuk Jawa Tengah, pemindaian akan dikoordinasi oleh Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (Unsoed), dan Universitas Diponegoro Semarang (Undip).

Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman menyatakan pihaknya siap untuk memindai. "Untuk pemindaian kami sudah siap, baik infratsruktur maupun sumber daya manusia.

Tahun-tahun sebelumnya juga ditunjuk," katanya. Tahun ini perguruan tinggi tak dilibatkan dalam pengawasan UN. Selain itu, keterlibatan aparat keamanan juga ditiadakan. Menurut Fathur, pengawasan yang longgar itu akan memengaruhi validitas hasil UN. "Karena itu, diharapkan sekolah bisa melaksanakan UN dengan jujur tanpa kecurangan," ujarnya. (H89-37)


Tags: