Nazaruddin dosen Prodi llmu perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang juga Ketua PD IPI Aceh

Nazaruddin dosen Prodi llmu perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang juga Ketua PD IPI Aceh

Langsa (Pendis) --- Sebanyak 34 pengelola perpustakaan di kota Langsa dilatih dan dibekali Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait manajemen pengelolaan perpustakaan. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 (empat) hari, mulai tanggal 11-14 September 2023 di aula UPT Perpustakaan IAIN Langsa.

Kegiatan kerjasama antara UPT Perpustakaan IAIN Langsa dan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD-IPI) Aceh tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor II IAIN Langsa, Dr Sabaruddin SPdI MSi.

Dalam sambutannya, Dr Sabaruddin SPdI MSi keberadaan perpustakaan memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu harus didukung dengan tersedianya sarana prasarana yang cukup memadai dan dikelola secara profesional serta mampu beradaptasi dengan kemajuan di era digital.

“Saya berharap semoga setelah bimtek ini peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk mengelola perpustakaan sesuai dengan standar,”kata Sabaruddin saat membuka acara bimtek pengelolaan perpustakaan bagi guru PAI, Senin (11/9/2023) di Aula Perpustakaan kampus tersebut.

Dr Nurmawati MPd dalam laporannnya menjelaskan bahwa Bimtek Pengelolaan Perpustakaan bagi Guru PAI di Kota Langsa merupakan realisasi kerjasama antara UPT Perpustakaan IAIN Langsa dengan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Aceh.

Pada bimtek tersebut, kata Nurmawati peserta akan dibekali keterampilan teknis pengelolaan perpustakaan yang meliputi manajemen perpustakaan sekolah, pengolahan bahan pustaka (Inventaris, klasifikasi, katalogisasi) dan penerapan teknologi informasi di perpustakaan.

Selanjutnya, para peserta juga dibekali dengan pelatihan sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan aplikasi INLISLite oleh para dosen dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan yang bergabung dalam IPI Aceh dan Aceh Library Consultant.

"Bimtek ini diikuti 34 peserta untuk angkatan pertama, untuk angkatan selanjutnya kita rencanakan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang," ungkap Nurmawati selaku Kepala UPT Perpustakaan IAIN Langsa.

Bimtek terrsebut menghadirkan sejumlah narasumber dan instruktur masing-masing Nazaruddin dari PD IPI Aceh, Arkin dan Zulfiqri dari Aceh Library Consultant serta sejumlah pustakawan dari IAIN Langsa masing-masing Kurnia Safitri, Ika Azwina, Siti Suci Handayani dan juga Wakil Rektor II IAIN Langsa Sabaruddin dan Kepala Perpustakaan IAIN Langsa Nurmawati. []