Ketua PD IPI Aceh Nazaruddin, M.LIS., PhD sedang memberikan materi

Ketua PD IPI Aceh Nazaruddin, M.LIS., PhD sedang memberikan materi

Banda Aceh (Pendis) --- Sebanyak 40 peserta calon Kepala Perpustakaan Sekolah dan Madrasah di Provinsi Aceh dilatih dan dibekali Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan perpustakaan. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 (empat) hari, mulai tanggal 27-30 Desember 2023 di Hotel Seventeen, Seutui, Banda Aceh.

Kegiatan kerjasama antara Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah (K2M MA) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh dan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD-IPI) Aceh tersebut dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh yang diwakili oleh Kakan Kemenag Kota Banda Aceh, H Salman Arifin SPd MAg.

Dalam sambutannya, Salman Arifin mendorong para peserta bimtek pengelolaan perpustakaan sekolah dan madrasah ini untuk melek dan menguasai literasi digital. Menurutnya, teknologi digital menjadi salah satu faktor penting dalam mengakselerasi transformasi pendidikan Indonesia, begitu juga dengan dunia perpustakaan.

“Peserta pelatihan calon Kepala Perpustakaan Madrasah saat ini harus mampu menguasai literasi digital. Sebab, kalau hanya sekedar administrasi bukan sebuah permasalahan lagi saat ini. Tetapi bagaimana Pustakawan menggerakkan literasi Madrasah,“ ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua K2M MA Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh Muzakkar Usman MPd dalam laporannya menyebutkan bahwa Bimtek Pengelolaan Perpustakaan ini merupakan realisasi kerjasama antara Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah (K2M MA) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh dengan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Aceh.

Pada bimtek tersebut, kata Muzakkar peserta dibekali keterampilan teknis pengelolaan perpustakaan yang meliputi manajemen perpustakaan sekolah, pengolahan bahan pustaka (Inventaris, klasifikasi, katalogisasi), pengembangan koleksi dan penerapan teknologi informasi di perpustakaan.

Selanjutnya, para peserta turut juga dibekali dengan pelatihan sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) oleh para dosen dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan yang bergabung dalam IPI Aceh dan Aceh Library Consultant.

“Bimtek ini di ikuti oleh 40 peserta yang berasal dari berbagai Madrasah di Aceh baik tingkat MI, MTs dan MA se Aceh,” ujarnya.

Bimtek tersebut menghadirkan sejumlah narasumber dan instruktur masing-masing Nazaruddin, Ade Nufus, Rahmad Syah Putra, Arkin dari PD IPI Aceh serta sejumlah instruktur dari Aceh Library Consultant masing-masing Wandi Syahputra dan Zulfiqri. [ ]


Tags: # #Bimtek