Mahasiswa UIN Malang

Mahasiswa UIN Malang

 

Malang (Pendis) - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang adalah sebuah PTKIN yang terletak di Malang. UIN Malang juga merupakan salah PTKIN terbaik yang mempunyai program Ma'had 1 tahun bagi seluruh mahasiswa barunya.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri dibawah naungan Kementerian Agama, UIN Malang menyelenggarakan pendidikan dengan mengintegrasikan Sains dan Agama. Upaya tersebut didukung dengan diselenggarakannya Program Mahad selama 1 tahun yang wajib dijalani setiap mahasiswa baru di tahun pertama.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa UIN Malang layak dijadikan sebagai destinasi kuliah yang ideal bagi calon Mahasiswa Baru 2024:
1.    Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, telah berhasil meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sejak 27 Juni 2023. Ini adalah capaian yang menjadi incaran banyak perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Ini merupakan bukti komitmen UIN Malang dalam memberikan pendidikan berkualitas.
2.    Top 1 Unirank 2024
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang meraih peringkat 1 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se – Indonesia. Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh 4 International Colleges and Universities (4ICU) atau UniRank per Februari 2024 ini.
3.    Pendidikan Terintegrasi Sains dan Islam
Salah satu yang menjadi keunggulan utama dari UIN Malang adalah sistem pendidikan yang mengintegrasikan antara sains dan islam secara mendalam. 
4.    Ma’had
Melalui program Mahad 1 tahun, mahasiswa baru diperkenalkan pada landasan agama sambil tetap menjalani pendidikan akademis yang berkualitas. Program tersebut juga ditujukan untuk mencetak mahasiswa dan lulusan yang berkarakter Ulul Albab.
5.    Program Pengembangan Bahasa Asing
Untuk menghadapi tantangan dunia global, UIN Malang mempunyai Language Center yang memiliki beberapa program pengembangan bahasa asing seperti Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Indonesia untuk mahasiswa luar negeri. Hal ini guna mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing secara internasional dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.
6.    HTQ
Ada lebih dari 2.700 mahasiswa tahfidz dari beberapa fakultas yang menghafal al qur’an di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
7.    Tenaga Pendidik Berkualitas:
Untuk menjalankan proses belajar mengajar, UIN Malang didukung dengan tersedianya tenaga pendidik yang berkompeten dan berpengalaman dalam bidangnya, banyak yang berkualifikasi doktor dan memiliki jabatan akademik profesor Selain menjadi mentor akademis, tenaga pendidik juga menjadi teladan moral bagi mahasiswa dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan dan keilmuan.
8.    Fasilitas Penunjang dan Pendidikan yang Memadai:
Selain fasilitas dan sarana prasarana Pendidikan yang representatif, UIN Malang juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang memadai, seperti perpustakaan modern, laboratorium, dan fasilitas olahraga atau Sport Center, guna memastikan pengalaman belajar yang optimal bagi mahasiswa.
9.    Beragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM): UIN Malang juga menawarkan berbagai macam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat dimanfaatkan mahasiswa sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di luar kelas. Mulai dari kesenian, olahraga, hingga organisasi sosial. Hal tersebut memungkinkan mahasiswa memiliki banyak pilihan untuk terlibat dan berkontribusi dalam kehidupan kampus.

Dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki UIN Malang, UIN Malang tentu layak menjadi pilihan terbaik untuk melanjutkan pendidikan bagi calon mahasiswa yang menginginkan pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai keagamaan.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Mahasiswa Baru 2024 dapat ditemukan di situs resmi UIN Malang: https://pmb.uin-malang.ac.id/