Rihan Jati Muhamad dan Arsa Wafi Mahardika merupakan pelajar MAN 2 Kulon Progo yang berhasil lolos 30 besar peserta kategori Battle Robot dalam K

Rihan Jati Muhamad dan Arsa Wafi Mahardika merupakan pelajar MAN 2 Kulon Progo yang berhasil lolos 30 besar peserta kategori Battle Robot dalam K

Yogyakarta (Pendis) - Rihan Jati Muhamad dan Arsa Wafi Mahardika merupakan pelajar MAN 2 Kulon Progo yang berhasil lolos 30 besar peserta kategori Battle Robot dalam Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotic Competition (MRC) tahun 2022. 

MRC merupakan ajang kompetisi robotika dan otomasi tingkat Madrasah se-Indonesia. Mulai dari menemukan ide, merakit, mengoperasikan, hingga menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi. Kompetisi ini juga menguji cara mempresentasikan atau menyakinkan kepada orang lain bahwa robot yang dirancang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia dan alam semesta.

Mandaku, sapaan akrab MAN 2 Kulon Progo memilih robotik sebagai program tambahan minat dan bakat ialah untuk menambah kemampuan santri dan santriwati di era digitalisasi sehingga nantinya mampu menerapkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. 

“Robot battle ini kami design menggunakan arduino mega sebagai kontrolnya, kemudian menggunakan 4 roda penggerak dengan kemampuan untuk maju, mundur, ke kiri, dan ke kanan. Serta servo untuk mengambil dan mengangkat bola. 1 servo untuk menaikkan bola serta menaruh kedalam tempat bola. Kemudian, untuk menembakkan bola menggunakan 2 buah motor,” ungkap Rihan

Terkait sensor, tim Mandaku ini menggunakan 4 sensor line follower di sisi depan, belakang, kiri, dan kanan. Robot ini juga dilengkapi kamera yang ditujukan untuk membaca huruf, tambah Arsa.

Parnadi selaku pembimbing berharap melalui ajang bergengsi yaitu MRC tahun 2022 ini, MAN 2 Kulon Progo bisa menorehkan prestasi di tingkat nasional, dan tak lupa mendoakan agar gelaran ini berjalan dengan lancar dan terus diadakan setiap tahunnya.

“Kami sudah berusaha dengan maksimal, kami siap menjadi yang terbaik,” pungkas Rihan dan Arsa.


Tags: # MRC 2022