Rektor UIN SUTHA Memberikan Sambutan dalam acara Pembukaan PKM.

Rektor UIN SUTHA Memberikan Sambutan dalam acara Pembukaan PKM.

Jambi, ( Pendis)--Ajang kompetisi Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III di UIN Sulthan resmi dibuka oleh Kepala Subdirektorat Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan, S.Ag. M.Pd di Auditorium Chatib Quzwain Kampus II UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Senin (24/7).

Sebagai tuan rumah, Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D mengucapkan selamat datang atas kehadiran para kontingen peserta PKM III serta para tamu undangan yang hadir pada pembukaan PKM III di Kampus lokomotif perubahan, terdepan dan berwibawa.

Ia mengungkapkan rasa bangganya karena UIN Jambi dipercaya menjadi tuan rumah pelaksana pada PKM III PKM Ke-III yang dilaksanakan Se-Sumatra dan dan Asia Tenggara.

“Menjadi tuan rumah kegiatan PKM Ke-III yang dilaksanakan Se-Sumatra dan dan Asia Tenggara ini selain menjadi satu terobosan baru yang dilakukan UIN Jambi, hal ini juga akan meningkatkan nilai akreditasi perguruan tinggi”, ucapnya. Keterlibatan PTI se-Asia Tenggara pada ajang kompetisi PKM III kali ini merupakan inisiatif dari Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi untuk mengembangkan tidak hanya menjadi kompetisi regional tetapi menjadi kompetisi internasional.

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan capaian-capaian luar biasa yang telah diraih UIN Jambi sejak bertransformasi menjadi UIN pada tahun 2017 lalu yang ditampilkan dalam video singkat profil UIN Jambi. Diantaranya menduduki ranking dunia Times Higher Education satu-satunya dibawah kementerian Agama RI dengan kategori reporter dan ranking 7 dunia sebagai kampus ramah disabilitas versi UNESA Dimetric. Selain itu, Rektor UIN Jambi juga menyampaikan rencana strategis UIN Jambi sebagai Badan Layanan Umum (BLU) dengan membangun Compact Edu-eco Tourism di kampus II untuk memaksimalkan pemanfaatan aset dan untuk pembangunan berkelanjutan demi mensejahterakan seluruh stakeholder.

Pada PKM III ini UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menjadi kontingen terbanyak dengan menurunkan 144 peserta terbaik yang akan mengikuti 33 cabang lomba bidang ilmiah, bidang seni dan bidang olahraga. Ke-33 cabang olahraga yang akan dipertandingkan yaitu :Debat Bahasa Arab (DBA), Debat Bahasa Inggris (DBI), ​​​​​​​Debat Konstitusi, ​​​​​​​Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ),  ​​​​​Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK), ​​​​​​​Musabaqoh Karya Tulis Al-Qur’an (MKTQ), ​​​​​​​Karya Tulis Ilmiah (KTI) Ilmu Sosial​​​​​​​, Karya Tulis Ilmiah (KTI) Sains & Teknologi​​​​​​​, Inovasi Media Pembelajaran​​​​​​​, Business Plan​​​​​​​, Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ)Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ)​​​​​​​, Pildama​​​​​​​, Pop Solo Islami, Puitisasi Al-Qur’an, Story Telling, Monolog, Film Pendek, Kaligrafi, Stand Up Comedy, Tenis Meja, Catur, Pencak Silat, Karate, Taekwondo​​​​​​​, Bulu Tangkis​​​​​​​, Lempar Pisau​​​​​​​, Panjat Dinding​​​​​​​, Bola Voli​​​​​​​, Futsal, Tenis Lapangan​​​​​​​, Takraw