Rektor UIN SGD Peserta Ajak Peserta PBAK Lakukan Sujud Syukur

Rektor UIN SGD Peserta Ajak Peserta PBAK Lakukan Sujud Syukur

Bandung (Pendis) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Mahmud, mengajak kepada seluruh mahasiswa baru yang berjumlah 6.637 untuk bersukur dan berbangga atas dilantiknya sebagai mahasiswa. Karena dari 91.379 orang mendaftar ke kampus, anda menjadi orang terpilih dan terbaik. Silahkan melakukan syujud syukur atas ditakdirnya adik-adik menjadi bagian dari kampus wahyu memandu ilmu.

Ajakan disampaikan Mahmud, dalam Sidang Senat Terbuka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemehasiswaan (PBAK) Mahasiswa Baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun akademik 2019/2020 bertajuk "Moderasi Beragama dalam Menyongsong SDM Unggul Indonesia Maju" yang diikuti 6.637 peserta di Aula Anwar Musaddad, Selasa (27/08/).

"Saudara wajib berbangga, bahagia dan bersyukur kepada Allah Swt yang ditakdirkan menjadi bagian dari kampus tercinta," ujar Rektor.

Rektor menegaskan sebagai ungkapan rasa syukur atas diterimanya di kampus UIN SGD Bandung, "Yang diwujudkan dalam bentuk: Pertama, ucapan hamdallah. Alhamdulillah atas telah ditakdirkan menjadi bagian dari keluarag besar UIN SGD. Kedua, mahasiswa baru melakukan sujud syukur. Ketiga, kuliah yang rajin," jelasnya.

Rektor berpesan kepada seluruh mahaiswa baru untuk meluruskan niat dalam menjalankan perkuliahan di UIN SGD Bandung. "Oleh karena itu, saya titip kepada adik-adik, awali proses perkuliahan ini dengan meluruskan niat dalam rangka menuntut ilmu, sebab sebagus apapun aktivitas kita kalau salah niat tidak akan berguna disisi Allah Swt," tegasnya.

"Bersamaan dengan itu, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya untuk menuntut ilmu supaya lulus tepat waktu sesuai dengan harapan orang tua," pesannya.

Dikatakan Rektor, untuk mewujudkan kampus UIN SGD Bandung yang unggul, bermartabat dan bisa kompetitif di kawasan Asia Tenggara. Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 ini mesti memiliki empat kompetensi; kompetitif, kreatif, kolaboratif dan komunikatif.

Ketua PBAK UIN SGD Bandung, Ahmad Fatoni, menjelaskan sebanyak 6.637 peserta mengikuti PBAK dengan rincian: Fakultas Syariah dan Hukum 1.151 orang; Fakultas Sains dan Teknologi 6.31 orang; Fakultas Adab dan Humaniora 6.29 orang; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 8.51 orang; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 1.441 orang; Fakultas Ushuluddin 7.50 orang; Fakultas Dakwah dan Komunikasi 9.82 orang; Fakultas Psikologi 202 orang.

Bagi Ketua PBAK, taget dan tujuan yang diharapkan dalam PBAK ini, sebagaimana diamanatkan dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 4962 Tahun 2016 adalah: Pertama, Memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru terhadap sistem pendidikan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung; Kedua, Mengembangkan kecerdasan spiritual, emosional, intelektual dan social; Ketiga, Memupuk semangat solidaritas dan toleransi diantara civitas akademika serta mengembangkan rasa memiliki dan tanggung jawab akademik, tanggung jawab sosial terhadap pilihan disiplin ilmu.

"Saya berharap kepada seluruh mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sesuai dengan agenda yang telah di buat oleh panitia," pungkasnya.
(Humas UIN SGD/ M Yani)


Tags: