Ratusan Ribu Peserta Jalan Santai

Ratusan Ribu Peserta Jalan Santai

Surabaya (Pendis)--Kementerian Agama (Kemenag RI) bersama PBNU dan  Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar jalan santai sebagai rangkaian dalam  memperingati Hari Santri Nasional 2023. Jalan santai diselenggarakan di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (21/10/2023).

Jalan santai hari santri yang  dimulai Pukul 06.00 WIB dengan  rute diantaranya Jalan Gubernur Suryo - Jalan Panglima Sudirman - Jalan Basuki Rahmat - dan Jalan Tunjungan diikuti ratusan ribu peserta yang terlebih dulu  telah mendaftar secara online dan offline. 

"Untuk start nya di depan Gedung Negara Grahadi, menuju ke arah Jalan Panglima Sudirman, Bambu Runcing, putar balik patung Karapan Sapi, Basuki Rahmat, berbelok menuju Praban, Jalan Tunjungan, dan Finis di Gedung Negara Grahadi," ujar Plt. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag RI, Waryono.

Ia menambahkan, jalan santai ini sebagai wujud kebersamaan kita semua dalam memperingati Hari Santri tahun 2023 ini, katanya.

Sementara itu, Kasubbag TU Direktorat PD Pontren, Firdiansyah  membenarkan, bahwa jumlah peserta Jalan Santai di rangkaian acara Hari Santri Nasional ini  sangat banyak, karena banyak Pesantren dan Madrasah  yang mengirimkan santrinya ditambah lagi warga Kota Surabaya yang ingin ikut memeriahkan giat hari santri 2023 ini, ucap Firdi. 

Panitia telah menyiapkan banyak doorprize, mulai dari sepeda gunung, televisi, lemari es, 60 paket umrah hingga mobil. 

Selain jalan santai, Hari Santri 2023 dimeriahkan dengan beragam acara. Nanti malam, akan digelar Pagelaran fashion show  Sarung Santri Nusantara yang diadakan di Gedung Negara Grahadi dan pembacaan 1 miliar Shalawat Nariyah di Masjid Al-Akbar Surabaya. Puncaknya, digelar Apel Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya yang akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Pembina Apel. 


Tags: # Pesantren